3 Penyebab Suara Bising di Rumah beserta Solusi Mengatasinya

Loading...

Saat berada di rumah, Anda seringkali merasa terganggu akan adanya suara bising yang sangat mengganggu kenyamanan di rumah. Suara bising tak hanya berasal dari rumah, suara bising itu juga biasanya berasal dari lingkungan sekitar rumah. Terkadang saat orang lain sedang berbicara mengobrol di seberang rumah, percakapannya terdengar sampai ke rumah atau suara yang berasal dari para pedagang. Penyebab lain dari suara bising bisa juga berasal dari deru mesin kendaraan yang biasanya dirasakan bagi Anda yang mempunyai rumah dipinggir jalan raya.

Penyebab Suara Bising di Rumah beserta Solusi Mengatasinya

Suara bising di dalam ruangan rumah dapat terjadi akibat dari energi suara yang berjalan dengan lambat sampai ke telinga pendengar. Energi dari suara yang melambat itu dapat menimbulkan dengung. Dimana dengung tersebut jika semakin lambat, terjadilah echo atau suara gema yang sering datang berulang-ulang. Suara bising tersebut memanglah sangat mengganggu ketenanangan di rumah. Namun, sebenarnya suara bising yang dirasakan sebenarnya dapat diatasi dengan mencari tahu penyebab datangnya suara tersebut.

Berikut ini merupakan 3 penyebab suara bising di rumah beserta solusi mengatasinya:

1. Mencari tahu sumber kebisingan
Hal pertama yang harus Anda cari tahu adalah dengan mengenali sumber suara yang menjadi pemicu kebisingan. Sumber suara tersebut bisa jadi berasal dari deru mesin kendaraan yang melintas di depan rumah. Suara yang menghasilkan kebisingan juga dapat berasal dari pembicaraan orang di sekitar rumah Anda yang dapat menjadi sumber bising.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat membangun dinding pagar dengan tinggi sekitar 2 m. Jika suara yang ditimbulkan sangat bising, Anda juga dapat menambahkan alat peredam suara pada dinding rumah. Selain itu, Anda juga dapat menanam tanaman-tanaman hijau dan pohon rindang sehingga dapat menetralisir suara. Pilihlah tanaman yang daunnya lebar agar dapat mereduksi suara bising yang berlebihan.

2. Memeriksa jalur kebisingan
Setelah itu, Anda juga perlu untuk memeriksa jalur rambatan suara yang masuk ke dalam ruang rumah Anda. Ceklah letak dari jendela, pintu, dan juga beberapa lubang udara yang dapat menjadi jalan masuknya udara. Terutama pintu atau jendela yang menghadap ke arah jalan.

Untuk dapat mengurangi rambatan suara yang masuk ke rumah, Anda dapat mengatasinya dengan cara menambahkan bahan peredam suara seperti kain gorden atau dengan memberikan tirai kayu. Dengan seperti itu, suara bising yang ada di rumah Anda akan dapat berkurang.

3. Sasaran kebisingan
Suara bising di dalam rumah Anda dapat terjadi akibat dari suara yang timbul dirambatkan dan dipantulkan ke seluruh ruang rumah. Setelah suara tersebut terpantul ke dinding, suara akan tersebar ke seluruh ruang rumah.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melapisi ruangan di dalam rumah dengan peredam suara. Selain itu, Anda juga dapat menempatkan furnitur kayu, hiasan di dinding, serta karpet lantai.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *