3 Tips Merawat Furnitur yang Terbuat Dari Rotan

Loading...

Furnitur rumah terbuat dari berbagai jenis material yang sangat beragam. Pemilihan jenis metrial yang digunakan untuk furnitur rumah Anda disesuaikan dengan tema rumah dan selera Anda. Jika Anda ingin menghadirkan suasana eksotis dan natural di rumah, furnitur dari rotan dapat menjadi pilihan Anda. Agar bertahan lama, furnitur harus selalu dilakukan perawatan. Berbeda material berbeda pula dalam perawatannya. Furnitur dengan material rotan pun memiliki cara tersendiri dalam merawatnya.

Tips Merawat Furnitur yang Terbuat Dari Rotan

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam merawat furnitur yang terbuat dari rotan :

1. Lap dengan kain basah
Debu yang menumpuk pada furnitur maupun perabot rumah tangga akan membuat tampilan rotan menjadi terlihat kusam. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu memebersihkan permukaan rotan dengan kain lembab yang menyerap air. Kegiatan ini dapat Anda lakukan minimal dua minggu sekali.

2. Finishing ulang
Cat ulang wajib dilakukan untuk membuat furnitur rotan tampak selalu kinclong. Lakukan pengecatan ulang terhadap furnitur Anda dengan menggunakan spryer, kemudian Anda juga dapat melapisinya dengan menggunakan melamik untuk kesan mengkilat dan melindungi cat agar tidak mudah pudar atau mengelupas. Kegiatan ini dapat Anda lakukan dalam empat tahun sekali.

3. Basmi rayap
Salah satu hal yang sering terjadi dan menjadi musuh utama furnitur yang terbuat dari rotan adalah serbuk putih yang dihasilkan oleh binatang kecil sejenis rayap. Tentu hal ini akan sangat mengganggu. Untuk membasminya Anda dapat menggunakan larutan yang dibuat dari satu sendok kapur barus dan 200ml minyak tanah. Kemudian, semprotkan larutan itu pada bagian rotan yang terkena rayap. Dalam penyemprotannya, Anda harus menunggu hingga delapan jam dari penyemprotan pertama. Lakukan secara berulang hingga rayap benar-benar telah tiada.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *