4 Cara Mencegah Karat Pada Material Baja

Loading...

Penggunaan baja ringan pada bangunan rumah Anda memang tidak akan membuat Anda khawatir akan karat yang akan menempel. Namun, seiring dengan berjalannya waktu lapisan anti karat pada baja tentu akan menghilang secara berangsur-angsur karena berbagai faktor. Faktor apa sajakah itu?

Cara Mencegah Karat Pada Material Baja

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya karat pada baja ringan sebagai material rumah :

1. Tergores Alat Kerja
Lapisan anti karat yang tergores akan membuat baja berhubungan langsung dengan oksigen. Pertemuan kedua zat antara udara dengan baja ini akan menghasilkan karat. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan akibat bekas sambungan yang terbuka atau pemotongan yang salah, secepat mungkin lakukan pelapisan ulang dengan menggunakan cat untuk mencegah timbulnya karat pada baja tersebut.

2. Hujan dan Panas
Baja ringan memang tidak digunakan pada bagian luar rumah. Baja tidak disarankan untuk terkena panas dan hujan terus menerus karena akan mengurangi daya tahan lapisan anti karat pada baja tersebut.

3. Air Semen
Hindarkan pula material baja ringan dari adonan semen. Karena apabila baja sudah terkena air semen akan menghasilkan reaksi kimia dan berpotensi merusak lapisan anti karat pada baja itu sendiri. Khususnya jenis baja ringan dengan lapisan antikarat berjenis Zinc (galvanis). Selain itu, hindari pula pengaplikasian adonan semen untuk karpus atau genteng nok secara langsung di atas rangka baja ringan.

4. Larutan Asam
Cairan yang bersifat asam sangat reaktif ketika bersentuhan langsung dengan permukaan baja ringan. Lapisan anti karat atau yang sering disebut coating dapat mengelupas dan menghasilkan karat. Larutan asam ini umumnya ditemukan pada produk pembersih lantai dan keramik.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *