4 Jenis Kelambu yang Aman Digunakan di Rumah

Loading...

Saat musim panas ataupun musim hujan berlangsung, nyamuk seringkali datang dan mengganggu aktivitas Anda di rumah. Gigitan nyamuk memanglah sangat membahayakan karena nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang tidak Anda inginkan. Selain itu, nyamuk juga dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat sehingga membuat kulit Anda menjadi kemerahan. Saat musim panas berlangsung, dapat menjadi waktu yang tepat bagi Anda dan keluarga untuk berlibur. Pergilah ke pegunungan atau ke pantai untuk dapat menikmati liburan musim panas Anda. Disana Anda pasti akan merasakan suasana sejuk yang selama ini tidak didapatkan saat musim panas tiba.

Jenis Kelambu yang Aman Digunakan di Rumah

Namun, saat musim panas atau kemarau berlangsung selalu dikaitkan dengan munculnya berbagai penyakit. Seperti penyakit Demam Berdarah (DBD) dan malaria yang disebabkan oleh nyamuk. Hal tersebut sangatlah menganggu, akan tetapi bukan berarti Anda tidak dapat menikmati liburan. Anda dapat menikmatinya dengan menggunaan alat basmi nyamuk tanpa racun atau dengan menggunakan kelambu yang menjadi solusi bagi Anda untuk mengatasi nyamuk berbahaya. Sejak dulu menggunakan kelambu memang dikenal sebagai alat pengusir nyamuk. Kain panjang yang berwarna-warni dengan rongga-rongga yang rapat biasanya digantung di plafon yang berfungsi untuk menutupi seluruh sisi tempat tidur. Sebelum membeli kelambu, Anda sebaiknya mengetahui jenis-jenis kelambu yang diperlukan serta aman untuk digunakan.

Berikut ini merupakan 4 jenis kelambu yang aman digunakan :

1. Bell mosquito nets
Kelambu ini disebut sebagai kelambu lonceng karena bentuknya seperti lonceng yang tinggi dan membungkus di tempat tidur.

Kelebihan: Dengan bentuk yang seperti lonceng dapat membuatnya memiliki volume yang lebih besar sehingga dapat menciptakan ruang dingin dan sejuk di dalam tempat tidur Anda. Selain itu, kelambu ini memiliki bentuk yang atraktif sehingga dapat digunakan sebagai fitur dekorasi interior kamar tidur.

Kekurangan: Lebih banyak menggunakan kain sehingga cenderung lebih berat dan sulit untuk dibawa. Selain itu kelambu ini juga banyak memerlukan titik gantung yang kuat dan tinggi agar kelambu tidak roboh.

2. Self supporting mosquito nets
Kelambu jenis ini berbentuk lekukan dan biasa ditemukan pada tenda-tenda. Kelambu ini banyak menggunakan kawat fleksibel sehingga membuatnya menjadi melengkung.

Kelebihan: Dapat dipasang dan dilepas secara cepat. Lapisan di bawah kelambu dijahit dengan sangat rapi sehingga akan memberikan perlindungan terhadap ular kecil, serangga terbang dan hewan lainnya.

Kekurangan: Bentuknya yang melengkuk dapat membuatnya menjadi sulit untuk disimpan dalam ransel. Meskipun kelambu ini aman dari hewan-hewan melata, kelambu jenis ini cenderung lebih memiliki volume lubang yang kecil sehingga sedikit sirkulasi udara yang masuk.

3. Box mosquito nets
Kelambu ini berbentuk persegi empat dan tergantung ke empat penjuru ruang kamar. Kelambu ini dapat bergantung karena mempunyai kerangka khusus yang diletakan di atas tempat tidur Anda.

Kelebihan: Sama seperti kelambu yang berbentuk lonceng, kelambu kotak ini juga mempunyai volume yang luas sehingga sirkulasi udara akan lebih besar yang membuat Anda tidak kepanasan.

Kekurangan: Kelambu ini sangat sulit jika dipasang sendiri. Untuk memasangnya Anda membutuhkan bantuan dari orang lain. Selain itu juga memiliki material yang berat.

4. Wedge & ridge mosquito nets
Bagian atas kelambu bergulir ke bawah membentuk lereng yang mengelilingi seluruh ruang kasur Anda, sehingga membuat Anda menjadi sulit keluar masuk.

Kelebihan: Simple dan tidak mahal. Saat Anda ingin berkemah dan ingin pindah dari satu tempat ke tempat lain, kelambu jenis ini sangat cocok Anda gunakan karena materialnya yang ringan dan mudah dibawa.

Kekurangan: Kelambu jenis ini mempunyai sirkulasi udara yang kurang sehingga menyebabkan rasa pengap yang Anda rasakan.

Itulah beberapa jenis kelambu yang dapat Anda gunakan di rumah atau saat bercamping bersama keluarga untuk menghalau bahaya gigitan nyamuk.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *