4 Jenis Tanaman Untuk Mengusir Nyamuk Di Lingkungan Rumah

Loading...

Indonesia adalah negara yang beriklim tropis, untuk itu saat membuat rumah Anda diharuskan untuk membuat ventilasi udara agar rumah yang akan Anda tempati itu tidak menjadi sumpek atau pengap dan udara dapat saling bertukar. Seperti yang Anda ketahui, rumah yang sumpek atau pengap dapat mengundang nyamuk datang dan bersarang di rumah Anda. Tentunya Anda tidak menginginkan kalau hal itu terjadi. Nyamuk dapat menimbulkan masalah baru yang dapat membuat orang yang tinggal di dalam rumah terserang penyakit seperti malaria, DBD, dan lainnya.

Jenis Tanaman Untuk Mengusir Nyamuk Di Lingkungan Rumah

Akan tetapi, walaupun Anda sudah membuat ventilasi, faktor lain yang dapat mengundang nyamuk adalah udara pengap atau lembab di dalam rumah. Biasanya orang mengatasi masalah ini dengan cara menyediakan obat nyamuk baik itu dalam bentuk semprot, bakar, ataupun listrik seperti produk mosquito killer salah satunya. Cara lain untuk dapat menjadi penghalau nyamuk adalah dengan menggunakan kelambu. Kelambu terdiri dari beberapa macam sesuai bentuk dan manfaat yang dihasilkannya. Akan tetapi, kelambu hanya dapat Anda gunakan di dalam kamar tidur saja, tidak mungkin Anda meletakkan kelambu di ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang lainnya. Untuk itu, Anda harus bisa mencari cara lain yang dapat mengusir nyamuk seperti dengan memberikan beberapa tanaman yang dapat mengusir nyamuk.

Berikut ini merupakan 4 jenis tanaman untuk mengusir nyamuk di lingkungan rumah :

1. Rosemary (Rosmarinus officinalis )
Pastinya Anda pernah mendengar jenis tanaman Rosemary ini. Selain dapat diolah menjadi teh, tanaman ini sangat cocok untuk dapat mengusir nyamuk di lingkunggan rumah Anda. Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman ini, Anda dapat menempatkannya di pekarangan rumah atau di setiap ruangan yang ada di dalam rumah. Anda dapat meletakkannya di dekat gantungan baju atau lemari, tempat yang biasanya menjadi sarang nyamuk.

2. Zodia (Evodia suaveolens )
Tanaman Zodia ini memiliki aroma yang sangat harum terutama saat daun dari tanaman ini ditiup oleh angin. Aroma dari tanaman ini tidak disukai nyamuk, oleh karena itulah tanaman zodia merupakan salah satu tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Anda dapat menempatkan 1-2 pot tanaman zodia di dalam ruangan. Jangan terlalu banyak meletakkan tanaman ini karena ada sebagian orang yang tidak tahan dengan aroma yang ditimbulkan oleh tanaman ini.

3. Tanam Tagetes atau bunga tahi kotok (Tagetes patula )
Aroma yang dihasilkan oleh tanaman tagetes atau bunga tahi kotok sangat tidak disukai oleh nyamuk. Dengan meletakkan tanaman ini di sekitar halaman Anda dapat mengusir nyamuk yang hindap di rumah Anda.

4. Geranium (Pelargonium sitrosa )
Tanaman seperti geranium sebenarnya bukan jenis tanaman yang indoorplant, akan tetapi tanaman ini dapat ditanam di dalam ruangan rumah Anda untuk dapat mengusir nyamuk. Jika Anda ingin menanam tanaman ini, letakkan tanaman ini di dekat jendela sehingga aroma yang dihasilkan dapat terbawa angin ke dalam ruangan.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *