4 Tips Agar Dapur Tetap Sehat dan Segar

Loading...

Dapur merupakan salah satu ruang yang digunakan untuk memasak. Ruang ini menjadi sumber aroma sedap makanan yang ditunggu para anggota keluarga. Kebersihan dapur menjadi hal yang penting untuk diperhatikan agar kehigienisan makanan untuk keluarga tetap terjaga. Pastikan Anda selalu membersihkan dapur secara rutin, termasuk langsung mencuci semua peralatan setelah selesai memasak. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari pengendapan lemak yang akan mengakibatkan bau yang kurang enak di dalam ruangan. Selain itu, beberapa hal penting juga harus Anda perhatikan agar udara sisa memasak dapat segera ternetralisir.

Tips Agar Dapur Tetap Sehat dan Segar

Berikut ini adalah beberapa tips agar dapur Anda tetap segar dan sehat :

1. Adanya ventilasi udara
Untuk memberikan pertukaran udara yang baik sebaiknya lengkapi ruang dapur Anda dengan ventilasi udara. Anda dapat menggunakan prinsip ventilasi silang yang membuat bukaan pada titik yang berbeda, sehingga udara akan mengelilingi seluruh ruangan sebelum keluar. Yang tak kalah penting, intensitas cahaya matahari yang masuk juga perlu Anda perhatikan agar dapat membunuh kuman dan mengurangi kelembapan ruang dapur Anda.

2. Memasang cooker hood
Memasang unit cooker hood di atas kompor tempat Anda memasak dapat bermanfaat untuk menjaga kesegaran udara di ruang dapur. Asap dari proses memasak dapat langsung dihisap sekitar 70% oleh alat ini sehingga tidak menyebar ke seluruh ruangan.

3. Menempatkan wadah sampah
Wadah sampah menjadi salah satu benda yang harus Anda dalam dapur Anda. Dengan wadah sampah ini, Anda daoat menjadikan satu sampah yang ada dalam proses memasak. Namun, akan lebih baik jika diletakkan di area yang sedikit mengarah keluar dapur agar bau pada wadah sampah tidak mengkontaminasi dapur Anda.

4. Menyimpan bahan makanan
Hama seperti tikus tidak hanya tertarik pada bau tak sedap saja, namun seringkali juga tertarik dengan bau dari bahan makanan segar. Agar bahan makanan tidak dijangkau oleh hama seperti tikus, sebaiknya Anda menyimpan bahan makanan di tempat yang tertutup rapat seperti pada lemari khusus atau toples.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *