4 Tips Dalam Memilih Warna untuk Ruangan

Loading...

Beraneka ragam warna yang sering dilihat sehari-hari sebenarnya merupakan sebuah bahasa visual yang dapat dierjemahkan seperti bahasa lisan. Warna juga dapat menjelaskan maksud dan bahkan suasana tertentu. Keberadaan warna telah terbukti memberikan pengaruh-pengaruh terhadap semua makhluk hidup terutama manusia dengan segala perilaku dan perasaaannya. Termasuk pada pemilihan warna untuk dinding rumah Anda. Agar warna di ruangan Anda dapat memberi efek positif terhadap Anda dan anggota keluarga maka dalam memilihnya pun harus cermat.

Tips Dalam Memilih Warna untuk Ruangan

Berikut ini langkah-langkah dalam memilih warna untuk dinding rumah Anda :

1. Tentukan jenis ruang dan fungsinya
Sebelum memilih warna yang akan diaplikasikan tentukan dan pastikan terlebih dahulu ruangan tersebut diperuntukkan. Warna yang akan diaplikasikan pada ruang untuk bekerja tentu akan berbeda dengan warna yang akan diaplikasikan untuk berkumpul dengan keluarga atau teman, apalagi warna pada ruangan untuk beristirahat.

2. Klasifikasikan suasana yang sesuai dengan fungsi ruang tersebut
Pemilihan warna juga harus disesuaikan dengan fungsi ruangan. Misalnya kamar tidur yang digunakan untuk beristirahat. Maka suasana yang dibutuhkan adalah suasana yang relaks dan tenang yang membantu otak dan tubuh untuk beristirahat lebih cepat. Anda dapat memilih warna-warna yang dianggap dapat meredakan ketegangan seperti warna pastel. Hindari pula warna-warna yang terlalu mencolok dan membuat perasaan tertekan.

3. Pilih warna aksen
Langkah ini merupakan langkah untuk menghindari kebosanan. Anda dapat memilih warna aksen yang sesuai untuk dipadukan dengan warna dominan. Sebagi contoh Anda dapat memadukan warna merah muda dengan warna aksen putih untuk menampakkan kepribadian pemilik kamar tidur yang feminin.

4. Hadirkan warna tak hanya dari cat tembok
Pengaplikasian warna untuk ruangan tidak hanya dapat Anda lakukan pada dinding rumah saja. Anda juga dapat melakukan pemilihan warna furnitur, mengecat ceiling, aplikasi permainan warna pada kain pembungkus sofa, warna pada karpet yang akan ditaruh di dalam ruangan, atau Anda juga dapat melakukan permainan cahaya untuk memberi warna pada ruangan Anda.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *