5 Cara Untuk Mendapatkan Kenyamanan di Dapur

Loading...

Dapur merupakan ruangan yang tidak kalah penting, karena di dapur adalah tempat untuk Anda membuat dan menyediakan makanan. Perempuan akan memakan waktu berjam-jam di dapur untuk membuat berbagai jenis makanan ringan serta saat sedang masak untuk acara yang Anda buat. Hal itu tentunya akan memakan waktu yang lama untuk berada di dalam dapur. Apa lagi bagi seseorang yang gemar memasak, ia rela menghabiskan waktu yang lama di dalam dapur. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mendesain dapur Anda senyaman mungkin serta membuat dapur tidak terasa pengap. Ruang dapur yang baik dan nyaman terbentuk karena penempatan jendela dan arah dapur yang sesuai dan pas.

Cara Untuk Mendapatkan Kenyamanan di Dapur

Sinar matahari yang terlalu banyak masuk ke dalam dapur Anda tidaklah baik dan dapat membuat ketidaknyamanan saat berada disana. Selain itu, dapur yang baik tentunya mempunyai sirkulasi udara yang cukup dan sangat baik. Hal ini dikarenakan, saat melakukan aktivitas di dapur akan terasa lebih nyaman jika ruangan itu mempunyai sirkulasi udara yang mengalir dengan lancar. Dengan begitu bau dan asap yang ditimbulkan dari memasak akan dapat keluar dan tidak menetap berada di dalam ruangan itu saja. Selain itu, sinar matahari yang cukup, juga tidak kalah penting karena dapat menghemat listrik, dan terhindar dari kondisi yang lembab. Oleh karena itu, Anda harus lebih memperhatikan letak dari jendela dan sirkulasi udara di dalam ruang dapur dan memperhatikan beberapa cara untuk dapat menciptakan dapur yang nyaman.

Berikut ini merupakan 5 cara untuk mendapatkan kenyamanan di dapur :

1. Memperhatikan area basah
Untuk dapat menciptakan dapur yang nyaman, Anda harus memperhatikan area basah dan menempatkannya pada sisi barat agar panas yang dihasilkan pada ruang itu dapat dinetralisirkan oleh air.

2. Memperhatikan posisi dapur
Sebaiknya Anda mendesain dapur untuk tidak menghadap ke arah barat. Akan tetapi jika dapur sudah telanjur dibuat menghadap ke arah barat, Anda harus membuat penghalang berbentuk horizontal atau kerai bambu di bagian depan yang menghadap barat. Hal ini dapat mengurangi cahaya matahari masuk seluruhnya ke dalam ruang dapur.

3. Memanfaatkan jendela
Untuk dapat mengakses udara dan cahaya yang masuk ke dalam ruangan secara maksimal pada sisi selatan dan utara sebaiknya Anda memanfaatkan jendela dengan menempatkan jendela pada posisi tertentu. Sebaiknya Anda membuat jendela di sisi timur, agar cahaya pagi dapat masuk ke dapur Anda. Begitu juga sebaliknya, Anda harus menghindari jendela di sisi barat.

4. Membuat lubang cahaya
Jika di dalam ruangan itu tidak bisa membuka jendela, sebaiknya Anda mengatasinya dengan cara membuat lubang cahaya. Besar lubang cahaya yang harus Anda buat sebaiknya 1/10 dari luas lantai ruangan itu. Misalkan luas dapur 10 m² berarti lubang cahaya yang harus Anda buat adalah ukuran 1 m².

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *