5 Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Loading...

Tinggal di negara yang beriklim tropis membuat kita sebagai warga negara Indonesia akan mengalami musim hujan dan musim kemarau. Saat musim kemarau tiba, tentu saja sudah bisa dipastikan udara yang dirasakan akan sangat panas. Banyak orang akan memanfaatkan AC untuk memberikan kesejukan di ruangan rumahnya. Namun, penggunaan AC akan membuat pemakaian listrik menjadi lebih boros dan berdampak pada pemanasan global. Sehingga, akan lebih baik jika menggunakan cara lain yang lebih hemat untuk memberikan kesejukan di dalam rumah.

Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memberikan kesejukan di rumah Anda anpa menggunakan AC :

1. Kipas
Kipas merupakan perangkat elektronik yang dapat Anda gunakan untuk memberikan kesejukan di rumah Anda tanpa takut melakukan pemborosan listrik. Kipas dapat membuat ruangan terasa lebih dingin dalam 6 hingga 7 derajat. Anda dapat meletakkan kipas di langit-langit rumah agar udara dapat menyebar dengan baik ke berbagai sudut ruangan.

2. Tanaman hijau
Rumah yang dipenuhi oleh tumbuhan hijau akan terasa lebih sejuk, adem, dan nyaman di pandang. Anda dapat menanam tanaman hijau di sekitar atau di dalam rumah untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Langkah ini cukup efektif untuk memberikan kesejukan sekitar 3 hingga 6 derajat. Pastikan tanaman tersebut mendapat cahaya yang cukup dari sinar matahari.

3. Hindari warna gelap
Warna gelap seperti hitam merupakan warna yang dapat menyerap panas. Sehingga untuk memberikan kesejukan di ruangan rumah Anda sebaiknya menghindari warna-warna gelap pada cat dinding ataupun furnitur rumah.

4. Tirai jendela bernuansa putih
Pemasangan tirai jendela yang bernuansa putih sangat bermanfaat untuk memberikan kesejukan di rumah Anda. Warna putih dapat memantulkan panas dari dalam rumah. Pemasangannya dapat Anda lakukan dengan menutup jendela dan tirai menghadap ke arah matahari (menghadap timur di pagi hari dan menghadap barat di siang hari).

5. Tata letak furnitur
Hindari meletakan furnitur yang dibuat dari batu, plester dan aspal di sisi selatan atau barat karena dapat meningkatkan suhu di sekitar rumah dan memancarkan panas ke dalam rumah setelah matahari terbenam.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *