5 Tips Mendesain Kamar Mandi Kering

Loading...

Bagi mereka yang tinggal di sebuah komplek atau perumahan, pastinya akan lebih memilih jenis kamar mandi kering. Di zaman dahulu, orang-orang hanya menganggap kamar mandi sebagai tempat yang tidak penting, kamar mandi adalah tempat untuk membasuh tubuh dan memenuhi panggilan alam. Tidak heran jika orang dahulu tidak menyukai dan tidak betah dengan tempat ini. Akan tetapi, saat ini semuanya sudah berubah, orang-orang modern akan lebih senang berlama-lama di tempat ini. Kamar mandi menjadi tempat untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan berbagai macam beban yang sedang dipikul serta sebagai tempat yang dapat menyegarkan fisik.

Tips Mendesain Kamar Mandi Kering

Agar bisa mendapatkan hal seperti itu, kebanyakan orang akan rela merombak kamar mandi lamanya menjadi kamar mandi yang diinginkan. Akan tetapi, sebaiknya sebelum Anda membangun ulang kamar mandi, terlebih dahulu Anda harus mengenali gaya hidup keluarga apakah keluarga Anda adalah orang yang lebih menyukai mandi dengan menggunakan gayung atau sower. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu memperhatikan beberapa desain yang cocok untuk kamar mandi Anda.

Berikut ini merupakan 5 tips mendesain kamar mandi kering :

1. Perlengkapan kamar mandi
Sebenarnya perlengkapan dari kamar mandi kering sama dengan perlengkapan kamar mandi basah. Di dalam kamar mandi kering pastinya terdapat kloset duduk, gantungan handuk tangan, tempat tisu, wastafel, tempat sabun, serta cermin. Anda juga dapat menyediakan kotak sampah sebagai tempat untuk membuang tisu yang sudah dipakai.

2. Keamanan
Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang sangat privat. Oleh karena itu, kamar mandi harus dibangun dengan cara lebih mengutamakan unsur keamanan. Terlebih lagi, bagi pengguna kamar mandi yang berusia lanjut alangkah baiknya jika setiap sudut jangan dibuat runcing agar tidak membuat orang yang masuk ke dalamnya terluka ketika terjadi bentur.

3. Basah versus kering
Kamar mandi dengan tipe kering secara visual akan lebih enak untuk dilihat. Tipe kamar mandi ini bisa mendatangkan kenyamanan yang sangat ekstra, salah satunya adalah membuat orang yang masuk tidak tergelincir karena alasan lantai yang licin. Sedang lantai kamar mandi licin lebih rentan untuk orang yang berada di dalamnya terpeleset.

4. Tekstur kasar
Untuk dapat mewujudkan kamar mandi kering, alangkah baiknya jika Anda menambahkan lantai yang bertektur kasar. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah sirkulasi udara kamar mandi. Sama seperti ruangan lainnya, kamar mandi juga perlu bersentuhan dengan udara luar agar udara yang ada di dalam kamar mandi bisa bergantian dengan udara yang ada diluar. Jika Anda tidak bisa memasang sirkulasi udara atau jendela, Anda dapat menyediakan exhaust fan.

5. Memasang keramik
Untuk kamar mandi kering, Anda dapat menambahkan keramik dengan beragam pilihan tema. Di dalam kamar mandi kering, area yang basah masih tetap ada. Hanya saja, percikan air dapat dilokalisir di satu tempat saja.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *