5 Tips Menghambat Perkembangan Nyamuk di Sekitar Rumah

Loading...

Saat musim hujan tiba, selain terganggunya aktivitas karena banjir yang terkadang menghadang, kita juga sering ditemukan dengan berbagai macam penyakit. Penyakit yang biasa timbul saat musim hujan antara lain batuk, pilek, demam, diare, hingga demam berdarah. Genangan air hujan membuat serangga khususnya nyamuk menjadi lebih cepat berkembang. Sehingga resiko terkena demam berdarah pun akan meningkat. Oleh karena itu, penting menjaga kebersihan sekitar rumah untuk menghambat perkembangan nyamuk.

Tips Menghambat Perkembangan Nyamuk di Sekitar Rumah

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghambat perkembangan nyamuk di sekitar rumah Anda :

1. Hilangkan genangan air
Genangan air menjadi tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu, Anda harus meniadakan genangan-genangan yang ada disekitar rumah Anda. Bersihkan pula selokan dan alas pot untuk mengurangi tempat berkembang biaknya nyamuk.

2. Bersihkan pekarangan rumah
Pekarangan yang redup akan menjadi tempat bersarangnya nyamuk. Anda dapat memberikan celah terhadap sinar matahari untuk membuat lebih terang pekarangan Anda. Suasana yang terang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Anda dapat merampingkan pepohonan yang mulai lebat, memotong rumput secara rutin, merapikan tanaman yang kusut, dan menyapu daun-daun yang gugur di halaman rumah.

3. Angkut sampah padat
Barang-barang bekas seperti kaleng, ban, atau ember sebaiknya tidak Anda tumpuk di rumah Anda. Apabila benda-benda tersebut sudah tidak dapat dipakai lagi sebaiknya segera buang benda tersebut agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk.

4. Sediakan penangkal alami
Penyemprot serangga memang dapat mengurangi jumlah nyamuk di rumah Anda. Namun, bahan kimia yang terdapat di produk penyemprot serangga dapat meracuni anggota keluarga Anda. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda juga dapat membakat seikat dupa beraroma jeruk untuk mengurangi jumlah nyamuk dirumah Anda. Anda dapat meletakkannya di bagian luar rumah sebagai penangkal nyamuk alami. Menyalakan lilin aromaterapi beraroma lavender atau rosemary dan mengganti lampu teras dengan lampu bercahaya kuning juga dapat Anda lakukan.

5. Hadirkan angin buatan
Keberadaan angin yang banyak akan dapat mengganggu terbangnya serangga. Anda dapat menggunakan kipas angin listrik untuk menghalau pergerakan nyamuk di rumah Anda.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *