7 Tips Mengganti Lantai Parket yang Rusak

Loading...

Lantai sebagai dasar untuk memijakkan kaki menjadi bagian penting sebuah hunian. Sehingga, dalam memilih material pun harus tepat. Salah satu material yang digemari untuk lantai adalah parket kayu yang terbuat dari kayu merbau, ek, dan maple dengan perbedaan karakter, warna, corak serta sistem pemasangannya. Untuk parket kayu solid sendiri biasanya mengalami susut-muai. Parket kayu olahan juga dapat mengalami kerusakan yang disebabkan oleh air, gesekan dari benda tajam, pergerakan tanah atau peningkatan suhu plester semen, dan kesalahan dalam memasang.

Tips Mengganti Lantai Parket yang Rusak

Dalam penggantian lantai dengan parket kayu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti dibawah ini :

1. Lepaskan lantai parket yang rusak
Dalam melepaskannya, Anda dapat melakukan pengboran di sekeliling lantai parket yang rusak. Dengan menggunakan alat catut dan palu, Anda dapat menariknya secara perlahan dengan memastikan bagian kayu tidak mengalami kerusakan.

2. Kelupaskan adhesive pada bagian yang rusak
Setelah parket terlepas, Anda pasti akan menemukan sisa-sisa lem adhesive di bawahnya. Hilangkan sisa-sisa lem tersebut dengan alat yang dapat mengupas lapisan lem tersebut.

3. Cari parket pengganti yang senada
Gantilah parket pada bagian yang rusak dengan motif yang senada. Anda dapat melihat keterangan pada kemasan untuk mengetahui keseragaman parket-parket yang dibeli, atau dengan membawa sisa parket terdahulu yang tersisa ke toko material untuk mendapatkan parket yang serupa.

4. Aplikasikan adhesive
Kemudian, Anda dapat mengaplikasikan lem adhesive pada dasar lantai. Namun, pastikan seluruh bagian dari parket yang rusak dan sisa-sisa adhesive pada parket yang lama telah hilang.

5. Pasang lantai parket yang baru
Masukkan parket yang baru dengan bagian lidahnya terlebih dahulu ke dalam mulut pengunci pada parket di sebelahnya. Jika bagian sisanya masih menggantung, Anda dapat menggunakan palu agar dapat benar-benar masuk dan terkunci pada rangkaian lantai parket.

6. Biarkan parket baru Anda di dalam ruangan selama minimal 24 jam
Letakkan parket pengganti di dalam ruang minimal dalam waktu 1 hari. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan temperatur dan kelembaban udara pada ruangan tersebut.

7. Finishing lantai yang baru
Setelah selesai diterapkan pada lantai rumah, lakukan finishing pada lantai rumah Anda. Pilih pula bahan finishing yang sama dengan yang terdahulu seperti minyak kayu, PU (Polyurethane ) atau pernis.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *