8 Langkah ‘Sulap’ Rumah Sempit Jadi Luas

Loading...

Pengetahuan desain interior yang dipadukan dengan ilmu seni dan psikologi menjadi manfaat tersendiri di era ini. Berkat riset yang mendalam pada beberapa sisi, saat ini setiap pemilik rumah sempit bisa menyulap rumahnya jadi luas. Sudah pasti, selain bertambahnya luas dengan nyata, ada pula pertambahan luas yang disebabkan dampak ‘rekayasa’ dengan permainan sebagian aspek psikologis yang tepat.

Langkah 'Sulap' Rumah Sempit Jadi Luas

Kok bisa? Bila Anda tidak percaya, mari disimak langkah-langkah menyulap rumah sempit jadi luas yang bisa Anda coba lalu buktikan sendiri :

1. Pakai kaca sebagai penyekat. Penggunaan kaca sebagai penyekat biasanya dilakukan di kamar mandi. Kamar mandi bisa terasa lebih luas dengan tidak adanya penghalang visual. Maka, Anda bisa melakukan hal sama di ruangan lain. Misalnya saja, gunakan kaca tembus pandang untuk hiasi pintu pembatas dapur.

2. Pilih bermacam warna monokromatik. Skema warna sejenis ini terasa lebih luas daripada ruangan dengan warna-warni mencolok. Di luar itu, mata dapat bergerak dengan mudah tanpa interupsi bermacam warna. Gunakah warna cuma untuk menambah ” kedalaman ” dan daya tarik dalam ruang.

3. Gunakan cermin untuk membuat interior rumah terasa lebih luas. Cermin bisa memantulkan sinar matahari sampai buat ruang merasa lebih jelas dan lebih terbuka. Cermin dapat pula membuat ruangan terasa lebih luas. Jadi, pastikan Anda menempatkannya di posisi strategis.

4. Gunakan furnitur yang cocok. Gunakan kursi-kursi dengan kaki ramping, atau yang bermaterial bening. auhi furnitur yang solid, terkesan berat, dan sofa-sofa besar.Dengan begitu, ruangan tidak tampak penuh.

5. Jauhi penggunaan penutup lantai yang berbeda untuk tiap-tiap ruangan. Menyeragamkan lantai untuk seluruh ruangan bisa membuat ruangan terasa luas. Jauhi juga penggunaan karpet berpola yang bisa membuat ruangan terasa sempit.

6. Buat lampu lebih rendah. Sebagai misal, siapkan pencahayaan penambahan untuk meja kerja yang ketinggiannya setara dengan mata Anda. Yakinkan juga lampu gantungnya tidak terlalu tinggi.

7. Naikkan gorden dan buat lebih lebar dari jendela. Dengan begitu, jendela tampak makin besar dari yang sebenarnya. Apabila ada dua atau mungkin saja tiga jendela yang berjejer, Anda bisa jadikan satu gorden untuk seluruh jendela tersebut. Menggantung sebagian gorden seakan membagi ruangan dan membuatnya lebih penuh.

8. Gunakan cat dinding dengan warna yang sama dengan lantai. Cat dinding yang berwarna sama dengan lantai membuat perbatasan pada keduanya seolah tidak ada. Anda bisa pula menyamai warna dinding dengan warna plafon agar dinding terlihat lebih tinggi.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *