8 Tips Mendesain Ruangan Sholat di Rumah

Loading...

Bagi Anda yang beragama muslim, tentunya dengan mempunyai ruangan sholat di ruamah Anda adalah suatu hal yang tidak kalah penting. Jika Anda mempunyai ruangan sholat di dalam rumah dapat mempermudah Anda dalam melakukan aktivitas ibadah atau sholat. Anda tidak perlu lagi menyediakan ruang yang luas di dalam kamar atau ruang tamu Anda untuk bisa beribadah serta Anda juga dapat lebih leluasa dalam memaksimalkan ibadah Anda.

Tips Mendesain Ruangan Sholat di Rumah

Akan tetapi, bagi Anda yang mempunyai rumah berukuran minim dengan membuat ruangan sholat merupakan suatu masalah yang akan Anda alami. Hal ini dikarenakan keterbatasan lahan yang dapat membuat Anda melakukan pertimbangan lebih sebelum membuat ruangan tersebut. Anda juga memerlukan dana yang cukup untuk dapat mendesain ruangan sholat dengan sebaik mungkin. Karena dengan bentuk ruangan sholat yang kurang menarik dapat mempengaruhi ketertarikan Anda dalam melakukan ibadah.

Berikut ini merupakan 8 tips mendesain ruangan sholat di rumah :

1. Memperhatikan ukuran
Anda sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan ukuran yang akan diperlukan untuk membuat ruangan sholat. Ukuran ruangan sholat yang paling minim sebesar 70 cm x 140 cm. Akan tetapi, jika Anda menginginkan membuat sebuah ruangan sholat untuk ukuran tiga shaf maka sebaiknya Anda membuat dengan ukuran 2,5 m x 4 m.

2. Menyesuaikan arah kiblat
Setelah menyesuaikan ukuran, selanjutnya Anda harus menyesuaikan arah kiblat agar dapat menggunakan ruangan sholat dengan lebih efektif. Anda dapat membatasi ruangan sholat dengan dinding yang permanen agar ibadah sholat Anda lebih khusyuk.

3. Menyesuaikan penempatan atas
Selanjutnya Anda dapat menyesuaikan atap untuk ruang musholla yang akan Anda bangun. Jika Anda menginginkan musholla Anda lebih terlihat luas maka sebaiknya Anda membuat atap ruangan dengan ukuran 2,7 m ke atas. Ketinggian ruang musholla sebaiknya berukuran 32cm hingga 34 cm dari permukaan tanah. Serta Anda dapat menempatkan korat sikat dengan jarak berukuran 32 cm hingga 55 cm dari bangunan agar tidak terkena air hujan yang jatuh ke permukaan ruangan sholat. Anda juga harus memilih material yang tidak licin untuk lantai ruangan sholat Anda agar lebih mudah dibersihkan.

4. Aksesoris
Untuk aksesoris yang ada di dalam ruangan sholat sebaiknya Anda memilih aksesoris yang sederhana saja tanpa ornamen, hal ini dapat menciptakan ruangan sholat yang lebih minimalis dan terlihat rapi.

5. Penempatan furnitur
Dalam penempatan furnitur seperti lemari atau rak buku, Anda sebaiknya menempatkatnya di area yang lebih mudah dijangkau. Jangan sampai membuat ruang musholla terkesan berantakan.

6. Menyesuaikan warna
Dalam memilih warna untuk ruang musholla, sebaiknya Anda lebih memilih warna yang dapat menciptakan kesejukan mata dan memberikan suasana tidak panas. Seperti memilih warna hijau muda, krem dan biru muda.

7. Tata cahaya
Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah penataan cahaya. Anda harus bisa membuat ruangan sholat dengan pencahayaan yang cukup dan tidak berlebihan.

8. Memberikan pengharum
Untuk dapat menciptakan kesegaran, kenyamanan di dalam ruangan sholat serta dapat membuat Anda lebih khusyuk dalam melakukan ibadah, Anda sebaiknya meletakkan wewangian di atas sajadah dan di ruangan tersebut.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *