Bagian Rumah Yang Harus Dibersihkan Pasca Banjir

Loading...

Ketika rumah mengalami kebanjiran, hal ini dapat membawa melapetaka pada struktur bangunan, perabot, dan kesehatan lingkungan di dalamnya. Karena banjir membawa banyak unsur termasuk lumpur dan banyaknya puing-puing. Furniture yang akan rusak seperti karpet, papan dinding, peralatan elektronik dan masih banyak lagi.

bagian-rumah-yang-harus-dibersihkan-pasca-banjir

Pada saat banjir terus datang tanpa henti, ini dapat menambah kerusakan lebih lanjut pada saluran air, atap dan lantai rumah. Pasca banjir surut, membersihkan rumah menjadi suatu kegiatan yang harus dilakukan meskipun hal ini cukup sulit dan membutuhkan proses yang panjang.

Berikut ini adalah beberapa bagian rumah yang harus dibersihkan pasca banjir :

Lantai
Tentu saja, ketika banjir surut lumpur akan mengisi rumah. Pertama, yang Anda harus lakukan adalah menghilangkan lumpur dari lantai rumah. Gunakan selang untuk menghilangkan lumpur dengan cepat. Meskipun lumpur hilang, bakteri dan kuman yang dibawa oleh lumpur bisa saja masih tersisa di rumah.

Maka Anda harus menggunakan air panas ketika menyempot lumpur. Kemudian disterilkan dengan larutan pemutih atau produk berlabel sebagai disinfektan untuk membunuh kuman pada lantai rumah Anda.

Dapur
Dapur adalah area memasak sehingga diperlukan untuk steril dari kuman dan bakteri. Untuk itu, perlu perawatan khusus untuk dapur yang terkena dampak banjir. Pertama, untuk bahan yang memiliki bahan dasar kaca seperti porselen dan plastik Anda dapat merendam selama 10 menit dalam larutan disinfektan yang dicampur dengan air hangat.

Keringkan dengan cara didiamkan saja, usahan untuk tidak di lap menggunakan handuk. Kedua, untuk perabotan perak, logam, dan panci serta wajan juga dapat direndam dalam air hangat selama 10 menit. Pemutih klorin tidak boleh digunakan untuk bahan seperti itu karena dapat bereaksi dengan logam dan menyebabkan perabotan memudar.

Furniture
Sebaiknya Anda memisahkan barang seperti karpet, selimut dan pakaian yang terkena banjir untuk keluar dari rumah guna dikeringkan secepat mungkin. Untuk barang-barang seperti kasur dan boneka harus dibuang ketika telah terkontaminasi oleh air banjir.

Untuk foto dan surat-surat penting dapat dibersihkan lumpur dengan sangat hati-hati, dan simpan dalam kantong plastik lalu menempatkannya di freezer untuk melindungi dari pertumbuhan kerusakan lumut yang berkelanjutan.

Langit-langit dan dinding
Nyalakan AC untuk menghilangkan kelembaban di rumah atau setidaknya dua jendela yang terbuka untuk ventilasi. Jika ternyata di lantai dan dinding telah tumbuh jamur, Anda dapat menyikatnya dan kemudian bersihkan dengan disinfektan.

Untuk lantai yang menggunakan karpet, bilas dengan larutan pemutih dua sendok yang dicampur dengan 1 ember air hangat. Namun, hal ini tidak dapat dilakukan untuk karpet berbahan wol dan nilon.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *