Cara Merawat AC Agar tetap Dingin

Loading...

AC adalah barang elektronik yang diperlukan, terutama untuk daerah perkotaan umumnya memiliki suhu panas yang cukup tinggi. Suhu musim panas yang tinggi di daerah perkotaan disebabkan oleh banyak faktor, seperti asap atau udara dari pabrik atau industri, asap dan panas dari mesin, jumlah bangunan, sehingga mengurangi sirkulasi udara segar, jumlah populasi manusia dan juga pohon lebih sedikit biasanya akan membuat suhu semakin panas.

ac

Namun, penggunaan AC harus dilakukan sesuai dengan prosedur agar tetap awet dan dingin agar AC dapat digunakan  jangka panjang sehingga AC tetap nyaman digunakan. Karena AC memiliki bagian yang memiliki rangkaian elektronik di dalamnya, sehingga harus dirawat secara teratur atau berkala.

Berikut ini merupakan cara merawat AC agar tetap dingin :

Ukuran AC
Apabila Anda akan membeli AC ada baiknya jika Anda menyesuaikan kebutuhan AC di ruangan yang akan Anda gunakan. Banyak referensi yang dapat Anda cari untuk mengetahui jenis AC yang di jual di pasaran mulai dari ½ PK sampai dengan 2 PK.

Ruang Tertutup
Pada saat menggunakan AC ada baiknya jika Anda menutup rapat pintu ruangan dengan baik hal ini dikarenakan AC tidak akan bekerja dengan maksimal jika ruangan yang Anda gunakan memiliki celah – celah udara yang besar. Hal ini juga dapat membuat AC yang Anda miliki terasa lebih dingin.

Matikan AC
Jika Anda tidak memiliki kepentingan di dalam ruangan ada baiknya jika Anda mematikan AC yang tidak Anda gunakan karena hal ini dapat membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik. Anda dapat membuka pintu dan jendela yang ada agar udara yang ada dapat berganti dengan udara baru yang lebih segar, hal ini sebaiknya Anda lakukan pada saat pagi hari.

Timer
Anda juga dapat menggunakan pengatur waktu untuk pemakaian AC yang baik, hal ini dapat Anda lakukan dengan menyesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki, Anda dapat mematikannya jika dirasa suhu yang Anda gunakan sudah terlalu dingin. Bukan hanya itu menggunakan AC dalam waktu semalaman juga tidak baik bagi kesehatan Anda dan juga keluarga.

Pemeliharan
Jika Anda menggunakan AC dengan rutin ada baiknya jika Anda membersihkan bagian – bagian AC dengan rutin juga yakni minimal 1 bulan 1 kali. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi AC yang Anda miliki agar tetap baik dan juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Suhu
Ada baiknya jika Anda mengatur suhu AC tidak di bawah 22 derajat Celsius karena seperti mobil atau mesin sepeda motor, jika gas digunakan dengan sangat maksimal maka mesin akan cepat panas dan akan mengakibatkan rusaknya AC yang Anda miliki.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *