Cara Merawat Peralatan Masak Anti Lengket (Teflon)

Loading...

Panci teflon menjadi satu diantara penemuan terbaik dunia dalam hal perlengkapan dapur (simak juga: set peralatan anti lengket terbaik). Terlebih, hampir semua kegiatan dapur jadi lebih mudah dengan hadirnya panci atau wajan ini. Label anti lengket menjadi keunggulan tersendiri di era pola hidup sehat seperti sekarang ini sehingga makanan yang dihasilkan dengan cara dimasak menggunakan teflon bisa lebih sehat karena mengurangi jumlah minyak yang dipakai. Ditambah lagi, bisa mempersingkat waktu untuk mencuci atau membersihkannya.

Cara Merawat Peralatan Masak Anti Lengket (Teflon)

Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat panci dan wajan anti lengket supaya selalu awet sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lama. Sangat penting juga untuk mengingatkan pembantu (bila ada) perihal cara memperlakukan teflon. Tanpa ada yang memberitahu, umumnya teflon bakal disikat sampai rusak.

Sedikit tips singkat. Kalau di dasar panci atau wajan ditemukan kerak hitam, pakai citrun untuk membersihkannya.

Caranya : Masak air yang telah diberi citrun dan rendam bersamaan alat dapur yang gosong itu. Lalu, bersihkan dengan sabun, untuk melepas kerak hitamnya, dan alat masak pun bakal kembali bersih.

Di luar itu, ada banyak rutinitas yang semestinya dihindari oleh panci atau wajan anti lengket anda :
– Jangan sampai memotong sayuran, daging, atau bahan lain di dalam panci atau wajan dengan pisau metal. Hal ini dikarenakan akan bisa mengakibatkan goresan di permukaan. Meskipun goresannya hanya sedikit, tetapi bisa menyebabkan panci atau wajan itu berkarat.

– Gunakan peralatan dari karet atau spatula silicon untuk mengambil makanan dari panci atau wajan supaya tidak mengakibatkan gores.

– Pergantian suhu air yang mencolok. Umpamanya wajan dalam kondisi sangat panas, lalu langsung disiram air dingin, dapat menyebabkan rusaknya pada bentuk susunan, sampai tidak bisa digunakan lagi untuk memasak. Sesudah dipakai, sebaiknya diamkan wajan sampai betul-betul dingin sebelum dicelupkan ke air untuk dicuci.

– Sabut untuk membersihkan piring umumnya cukup keras untuk membersihkan seluruh peralatan anti lengket. Hal ini bisa mengakibatkan peralatan masak anti lengket jadi rusak. Semestinya bersihkan dengan tangan lantas selekasnya dilap hingga kering. Pastikan sudah benar-benar kering sebelum disimpan.

– Hampir seluruh peralatan masak anti lengket didesain untuk memasak dengan panas rendah hingga sedang. Panas yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan susunan anti lengket meleleh atau melepuh, sampai bisa membuat wajan atau panci jadi rusak.

– Untuk melindungi dan membuatnya awet serta tahan lama, sebaiknya baca ketentuan pemakaian perihal panas yang dapat digunakan oleh peralatan tersebut. Masing-masing merek pasti memiliki ketentuan yang berlainan.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *