Ciri – Ciri Rumah Sehat

Loading...

Rumah yang sehat sangat penting, karena semuanya dimulai dari rumah Anda tinggal. Udara yang Anda hirup, lantai yang Anda injak, makanan yang Anda makan, serta lingkungan sekitar rumah, yang mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

ciri-ciri-rumah-sehat

Rumah sehat adalah rumah yang dirancang, dibangun, dan dioperasikan dengan cara yang memiliki kesehatan kondusif dan mendukung penghuninya. Untuk menentukan apakah suatu rumah dapat dikatakan sehat, ada beberapa faktor yang harus di pertimbangkan.

Berikut ini merupakan ciri – ciri rumah sehat :

Sirkulasi udara
Sirkulasi udara yang baik di dalam rumah membuat rumah segar dan terhindar dari lembab. Selain meningkatkan kualitas udara yang dihirup oleh anggota keluarga, sirkulasi udara yang baik juga dapat mencegah perkembangan bakteri karena kondisi rumah pengap dan lembab. Setiap kamar idealnya harus memiliki ventilasi udara untuk memastikan kebersihan dan kesegaran udara di dalam rumah.

Sumber air
Air adalah pendukung utama kehidupan, sehingga sumber air bersih dan sehat adalah suatu keharusan. Jika Anda menggunakan penampungan air seperti tangki, drum atau bak besar, pastikan penampungan ini ditutup dan posisi jauh dari sumber bakteri (septic tank). Juga, pastikan untuk membersihkannya secara teratur.

Saluran Pembuangan
Pastikan saluran air di rumah Anda lancar dan tidak mampet dan mampu mengalir dengan baik. Drainase yang baik tidak mampu membawa bau, akumulasi kuman, dan menjadi sarang nyamuk.

Menjaga kebersihan
Rumah yang sehat adalah pasti bersih dan rapi. Membersihkan rumah setiap hari agar bebas dari debu dan kotoran. Perhatikan juga alat atau bahan kimia pembersih yang Anda gunakan, dan pastikan produk tersebut berlabel ‘aman’ untuk keluarga.

Karena tanpa disadari, banyak rumah yang terkontaminasi berbagai bahan kimia, seperti cat rumah kurang aman untuk digunakan di rumah, produk pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya, penggunaan pestisida misalnya insektisida, dan bahan berbahaya lainnya. Akumulasi zat kimia yang dapat berdampak buruk bagi anggota keluarga, terutama dalam jangka waktu yang panjang, hal ini yang bisa menyebabkan kanker.

Lingkungan Sekitar
Lingkungan sekitar rumah juga sangat mendukung untuk kesehatan penghuninya. Lingkungan hijau tentu termasuk dalam hal ini. Untuk itu Anda dapat menanam beberapa tanaman di halaman.

Jika lingkungan rumah Anda memiliki jalur khusus untuk bersepeda dan jogging, itu akan memotivasi Anda dan keluarga Anda untuk tetap aktif dan berolahraga. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan tentang daerah yang mengelilingi rumah yang Anda miliki. Namun bagi Anda yang ingin membeli rumah, Anda dapat memilih jenis lingkungan rumah yang akan Anda tempati.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *