Ini Bahaya Memakai AC Terlampau Lama!

Loading...

Zaman sekarang, AC menjadi salah satu kebutuhan baik di rumah tangga maupun kantor. Kamar tidur tanpa AC terasa kurang nyaman, begitu pula dengan ruangan-ruangan di kantor. Terlebih di Indonesia yang beriklim tropis yang panasnya berlangsung sepanjang tahun, AC menjadi kebutuhan yang cukup vital demi kenyamanan. Maka tidak heran bila penjualan AC semakin meningkat saja. Namun tahukah Anda, pemakaian AC yang terlalu lama mempunyai efek jelek untuk kesehatan?

Ini Bahaya Memakai AC Terlampau Lama

Simak 3 poin utama bahaya memakai AC yang terlampau lama tersebut :
1. Bahaya kesehatan
Pemakaian AC yang terlalu lama dapat mengakibatkan kulit kering serta bersisik. Pemakaian AC yang terlalu lama juga diduga bisa mengakibatkan permasalahan pada sistem pernapasan seperti asma, alergi serta masalah kesehatan lainnya. Bila AC dalam keadaan yang kotor akan lebih beresiko lagi karena udara yang dihasilkannya tidak lagi bersih.
2. Bahaya kantong
AC adalah satu diantara piranti eletronik rumah tangga dengan pemakaian daya terbesar. Pemakaian yang terlampau lama (seharian) ditanggung bakal bikin tagihan listrik Anda membengkak. Bila Anda punya lebih dari 1 unit, kalikan saja cost itu.
3. Bahaya lingkungan
lantaran memakai daya listrik yang besar sehingga AC membutuhkan daya yang besar juga. AC mempunyai fungsi jelek bagi menipisnya lapisan ozon, efek rumah kaca, dan pemanasan global. Jadi, bila Anda cinta lingkungan, sudah waktunya kurangi pemakaian AC!

Berikut tips menggunakan AC yang tepat :
1. Pakai AC saat tidur di malam hari saja. Di lain waktu, sebaiknya Anda memakai kipas angin atau air cooler untuk menyejukkan udara.
Lakukan kombinasi pemakaian untuk menghemat biaya sekaligus menjaga kesehatan. Ingat, semua hal yang berlebih tidak pernah baik! Jadi, memakai AC 24 jam itu kebiasaan jelek!
3. Saat AC telah dimatikan, buka ventilasi kamar dan biarkan aliran udara alami berlangsung.
Pada saat itu, Anda bisa mempercepat aliran, membersihkan udara serta melembabkannya memakai air cooler setiap hari selama beberapa jam. Simak review air cooler disini.
3. Atur suhu pada rentang 22 – 25 derajat pada ruang yang kedap udara.
Dengan begitu, AC bakal bekerja dengan enteng dan beban listrik pun menyusut. Jangan lupa untuk senatiasa teratur membersihkan AC Anda.
4. Senantiasa pakai lotion untuk melembabkan kulit supaya tak kering terpapar udara AC yang kering.
5. Biasakan untuk menghirup udara alami setiap hari selama beberapa jam, terutama bagi Anda yang bekerja dan tidur di ruangan AC.

Semoga bermanfaat!

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *