Ini Cara Ajaib Menangani AC Bocor!

Loading...

AC menjadi salah satu barang yang penting untuk orang-orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Kantor, toko, sampai rumah memakai ac sepanjang tahun, bahkan banyak juga yang membiarkan ac-nya tetap hidup selama 24 jam. Nah, pemakaian yang terus-menerus itu bisa menyebabkan ac rawan rusak. Satu diantara permasalahan yang seringkali terjadi yaitu ac yang bocor alias menetes terus-menerus. Hal ini membuat kita mau tidak mau harus meletakkan ember di bawahnya untuk menampung air yang bocor itu. Nah, bila ac di rumah Anda bocor (indoor), Anda perlu membaca tulisan ini sampai habis.

Cara Ajaib Menangani AC Bocor

Trik yang disajikan pada tulisan ini murni dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis. So, bukan hanya sebatas copy serta comot dari sana-sini. Coba sendiri untuk membuktikannya. Kita mulai, ya.

Cara 1
Langkah ini harus dilakukan pertama kali. Umumnya, bila ac tidak terlampau kotor, cara ini bakal menyelesaikan masalah Anda secara ajaib. Begini langkahnya :
– Biarkan AC terus dalam posisi hidup.
– Keluar rumah, lalu cari selang pembuangan air. Seharusnya, selang tersebut tidak mengeluarkan air karena ia tersumbat. Kalau airnya keluar kan seharusnya tidak bocor di dalam.
– Ambil selang itu. Usap-usap sedikit dengan pakaian atau kain bersih.
– Tiup selang tersebut sekuat tenaga selama beberapa detik.
– Kemudian posisikan selang ke bawah serta tunggulah hingga selang keluarkan kotoran. Bila masih tetap belum keluar, tiup kembali lebih kuat. Umumnya Anda harus meniup sampai 2-3 kali.
– Bila berhasil, selang akan mengeluarkan kotoran yang berbentuk lendir diikuti dengan tetesan air. Nah, silakan teliti ac di dalam. Dijamin bocornya telah sembuh.

Cara 2
Bila langkah pertama di atas belum dapat menangani bocor, besar kemungkinan ac Anda memerlukan usaha ekstra. Kerjakan langkah di bawah ini dengan resiko sendiri, ya :
– Matikan AC. Turunkan MCB. Bila perlu, cabut seluruh colokan listriknya.
– Keluar rumah. Semprot selang pembuangan air dengan aliran air yang kencang. Bila Anda mempunyai kompresor tambah baik lagi. Ingat untuk lakukan penyemprotan hanya beberapa detik saja. Jangan sampai membuat air meluber di dalam ac karena dapat menyebabkan kerusakan.
– Bila ac terlampau basah, lap terlebih dulu hingga kering saat sebelum dihidupkan kembali.
– Silakan hidupkan ac bila Anda telah yakin ac kering, terlebih pada ruang kabel-kabelnya.

Cara Ajaib Menangani AC Bocor 1

Cara 3
Nah, bila cara 1 dan 2 tidak berhasil, Anda dapat memanggil tukang servis AC. Atau bila Anda mau, dapat pula bikin yang seperti ini:

Cara Ajaib Menangani AC Bocor 2

(sumber gambar : kaskus)

Hehehe.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *