Kelebihan Dan Kekurangan Genteng Tanah Untuk Atap Rumah

Loading...

Jika Anda akan membangun rumah, Anda mungkin memperhitungkan genteng yang akan digunakan sebagai atap. Oleh karena itu, untuk pertimbangan maka Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tanah genteng jika digunakan sebagai atap. Sederhananya, jika Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan, Anda dapat mempertimbangkan apakah Anda siap untuk menggunakan genteng tanah atau tidak.

Kelebihan Dan Kekurangan Genteng Tanah Untuk Atap Rumah

Berikut ini adalah beberapa kelebihan genteng tanah untuk atap rumah :

Genteng tanah lebih unik
Harus diakui, bahwa bentuk tanah genteng juga memiliki nilai seni. Terlebih lagi, jika sudah terpasang rapi sebagai atap rumah. Dan harus diakui juga, bahwa rumah di bawah atap genteng, jauh lebih unik dari rumah yang menggunakan seng. Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi Anda yang mencintai seni dan keindahan rumah. Dengan memiliki rumah seperti itu, tidak hanya menyajikan keindahan dari dalam, tetapi juga dari luar.

Dingin
Bahan dari tanah serta bentuk lebih tebal dari ubin lainnya, membuat genteng mampu menyerap dan menangkal panas matahari agar tidak menembus ke dalam rumah. Jadi udara di dalam rumah menjadi tidak terlalu panas.

Anti-karat
Satu keuntungan lebih dari genteng tanah yaitu bebas dari karat. Ya pasti, itu karena bahan baku utama genteng ini berasal dari tanah. Karena bebas dari karat, maka dapat digunakan untuk puluhan tahun asal tidak pecah atau bocor. Sangat berbeda dari atap seng, yang bila digunakan beberapa tahun akan berkarat. Jika sudah berkarat, selain tampilan tidak baik, biasanya akan mudah bocor.

Meskipun banyak keuntungan, tapi atap genteng juga memiliki berbagai kekurangan, yaitu :

Perlu lebih banyak kayu
Anda perlu tahu, bahwa rumah di bawah atap genteng membutuhkan lebih banyak kayu. Kayu disini diperlukan untuk membuat rangka atap, yang dibuat lebih padat menyesuaikan ukutan genteng . Jika penggunaan lebih banyak kayu, maka Anda harus keluar modal lebih.

Genteng tanah gembur dan menjadi bocor
Kekurangan kedua tanah genting yang mudah pecah, retak dan bocor.Hal ini dikarenakan genting terbuat dari tanah liat. Rupanya, Anda akan sedikit kesulitan jika genteng yang rusak terletak di tengah-tengah atap. Apalagi telah diinstal plafon rumah Anda, maka Anda harus mengganti genteng yang rusak dengan membuka genteng lain yang digunakan sebagai jalan.

Mudah bergeser
Karena dalam pemasangannya tidak menggunakan paku, sehingga ia mudah bergeser selama gempa bumi. Akibatnya, jika posisi bergeser terlalu jauh, biasanya akan menyebabkan kebocoran.

Sulit untuk mendapatkannya
Kini genteng yang terbuat dari tanah juga sudah sulit untuk didapatkan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya bahan baku. Selain sulitnya masalah bahan baku, pabrik pembuatannya juga ditutup karena banyak genteng tanah yang sudah kurang diminati masyarakat.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *