Penyebab Dan Cara Mengatasi Rumah Lembab

Loading...

Apakah Anda kesal dengan tembok rumah yang tampak kotor karena pertumbuhan jamur. Mungkin, hal ini karena kondisi rumah yang lembab. Rumah lembab tidak baik bagi kesehatan, karena udara lembab dapat merusak berbagai perabot rumah juga membuat penghuni yang berada di dalamnya tidak sehat.

Tips Mengatasi Rumah Lembab 1

Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi rumah lembab :

Mengukur Kelembaban
Udara lembab karena jumlah air yang cukup banyak di isi udara. Ukuran normal untuk kelembaban udara 60% -70% RH. Untuk mengukur kelembaban, alat yang digunakan adalah hygrometer. Untuk memastikan apakah udara lembab di dalam rumah, Anda dapat menggunakan alat ini.

Perbaiki sumber air
Hal utama adalah untuk Anda dapat mengetahui terlebih dahulu, apa penyebab udara pada rumah menjadi lembab. Apakah karena kebocoran ataupun sirkulasi yang tidak baik. Mengetahui penyebab pasti, akan dapat membantu mencegah kerusakan kembali pada dinding atau langit-langit telah diperbaiki.

Kipas Angin
Menurut fungsinya, kipas angin dapat membawa udara dari dalam ruangan ke luar. Tentunya hal ini dapat membuat sirkulasi dalam rumah dan mengeluarkan udara lembab dari dalam rumah.

Mengenakan Penyerapan Kelembaban
Anda dapat membeli jenis kapur di toko atau supermarket. Kapur ini menyerap uap air di udara. Menggunakan kapur juga harus diganti secara berkala karena air yang telah diserap untuk disimpan pada dalam kapur. Jika penuh, kapur ini tidak akan dapat menyerap air lagi sehingga perlu menganti kapur yang baru.

Menggunakan dehumidifier
Sebuah alat yang dirancang untuk menghilangkan udara lembab. Cara kerjanya adalah dengan menghilangkan udara lembab yang kemudian diubah menjadi udara dingin, sehingga udara yang lebih baik.

Sebuah rumah yang lembab dapat disebabkan oleh beberapa alasan, di antaranya:

Sirkulasi yang tidak baik
Tidak adanya pertukaran udara yang baik, menyebabkan udara di rumah akan meningkatkan kadar air. Kebocoran di pipa atau saluran pembuangan.

Panas
Berbagai isi rumah yang terbuat dari kayu lebih cepat usang. Kayu sangat rentan terhadap kelembaban, yang dapat menyebabkan kerusakan. Mebel kayu seperti meja, kursi, lemari serta pintu dan jendela lebih cepat usang dan rusak.

Dinding rumah terlihat kotor dan tidak menarik karena akan membuat pertumbuhan jamur meningkat. Atau juga pada langit-langit yang meninggalkan bekas seperti aliran air, hal ini tentunya akan menggangu kesehatan Anda beserta keluarga. Batuk atau alergi beberapa mungin disebabkan oleh proliferasi jamur di rumah lembab.

Bocor
Genting bocor akan menyebabkan air hujan masuk dan dapat membuat udara menjadi lembab. Penyimpanan air cukup banyak di rumah. Kolam renang atau bak adalah tempat yang menyimpan air. Hal ini dapat meningkatkan jumlah kandungan air di rumah lebih tinggi.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *