Penyebab Kebocoran Atap Rumah

Loading...

Pada musim hujan, salah satu masalah yang umum terjadi di rumah adalah kebocoran. Curah hujan meningkat membuat kemungkinan masuknya air ke dalam rumah melalui atap menjadi lebih besar. Memperbaiki masalah kebocoran tidak semudah yang terlihat. Dibutuhkan ketepatan dalam menentukan penyebab masuknya air ke dalam rumah sehingga masalah ini bisa diatasi.

Kebocoran di atap sangat mengganggu. Selain menyebabkan rusaknya  langit-langit, menetes air juga dapat merusak barang-barang di rumah. Repotnya memindahkan barang jika berada furniture di bawah kebocoran air, tetesan air juga membuat lantai basah sehingga tidak Anda akan merasa tidak nyaman ketika atap bocor.

Tips Mengatasi Kebocoran Atap Rumah

Berikut ini merupakan penyebab kebocoran atap rumah :

Terlalu miring bentuk atap
Kemiringan atap akan menyebabkan air tidak dapat mengalirkan ke dalam tanah dengan cepat. Terutama saat hujan lebat yang menyebabkan kapasitas air banyak. Akibatnya, air masih di atap dapat membanjiri ruang kosong dan menyebabkan kebocoran. Sudut kemiringan atap adalah baik 30-40 derajat sehingga air hujan dapat dengan cepat mengalir ke bawah.

Pemasangan penutup atap yang kurang baik
Agar tidak bocor, penutup atap seperti genteng harus dipasang dengan benar agar tidak membuat celah yang dapat menyebabkan kebocoran. Genteng harus dipasang dengan teknik yang tepat sehingga antara ubin interlock dengan satu sama lain dan tidak ada celah. Penutup atap juga harus terbuat dari bahan dengan kualitas yang baik untuk hasil yang maksimal dan dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman.

Bentuk dan ukuran saluran yang tidak sesuai
Saluran adalah saluran yang akan mengalirkan air dari atap ke bawah. Pastikan bahwa saluran terpasang dengan baik juga. Ketika memilih saluran, saluran dapat dibuat dari bahan berkualitas yang tidak mudah rusak. Selain bentuk dan bahan, ukuran  juga harus sesuai dengan kapasitas untuk menampung air sebelum di buang. Ukuran talang dengan kapasitas lebih kecil dari kebutuhannya akan menyebabkan semua air dapat dengan cepat terkumpul dan dengan demikian dapat menyebabkan kebocoran.

Kesenjangan di bubungan atap
Bagian tertinggi dari atap biasanya terbuat dari campuran semen dan pasir. Jika perbandingan antara semen dan pasir tidak seimbang dapat menyebabkan campuran tidak menyatu sehingga dapat menyebabkan retakan yang memungkinkan air untuk masuk. Perubahan cuaca juga dapat menyebabkan campuran semen dan pasir telah menjadi rapuh. Hal lain, retak mungkin timbul karena teknik pengerjaan ceroboh sehubungan ridge atau karpusan.

Mengatasi Kebocoran di Rumah
Contoh di atas adalah penyebab umum dari kebocoran. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah perbaikan. Waterproof dapat Anda aplikasikan di tempat yang bocor , sambungan ini dapat melindungi karena itu adalah tahan air dan dapat melapisi celah-celah kecil.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *