Perencanaan Dasar Sebelum Membangun Rumah

Loading...

Sebelum memutuskan untuk memugar lahan bekas menjadi sesuatu, ada baiknya bagi Anda untuk membuat rencana dan konsep yang matang dan teratur. Tulisan kali ini akan mengulas Langkah Perencanaan Membangun Rumah secara mendasar.

Perencanaan Dasar Sebelum Membangun Rumah

Buat Sketsa Awal
Pikirkan serta terjemahkan tekad Anda ke dalam coretan, gambar, atau sketsa yang berhubungan dengan bentuk, tampilan, serta ukuran perubahan-perubahan yang Anda kehendaki. Lakukan aktivitas ini ketika ada luang.

Mencari Contoh Bangunan
Carilah sebanyak mungkin contoh bangunan yang menarik versi Anda. Hal ini ditujukan agar bisa menjadi referensi. Bila Anda mau bikin rumah berdesain rumah minimalis, maka Anda berada di situs (blog) yang pas!

Tanya Arsitek
Jika Anda tahu apa yang Anda idamkan namun susah menuangkannya ke bentuk gambar, mintalah pertolongan konsultan perencana atau seorang arsitek. Layanan arsitek bukan sekedar untuk membuat gambar rencana serta mengkalkulasi cost. Tetapi juga mencakup solusi terhadap masalah perancangan.

Buat Daftar Kegiatan
Rincilah daftar pekerjaan yang akan ditangani. Kembangkan tiap-tiap item pekerjaan menjadi lebih rinci serta khusus. Hitung volumenya masing-masing. Sebaiknya Anda tidak melakukan perubahan dan pengembangan lagi apabila proses desain sudah mencapai langkah final.

Kalkulasikan Biaya
Dengan memanfaatkan harga unit yang ada, keperluan biaya pelaksanaan bisa Anda kalkulasikan. Tak seperti harga material yang relatif sama, biaya pembuatan dapat berbeda pada satu kontraktor dengan yang lain. Hal itu dipengaruhi oleh tingkat kecepatan, kerapian, serta kekuatan. Untuk biaya tenaga kerja, berkisar pada 20% hingga 25% dari seluruh kebutuhan material. Pendapatan ini dapat jadi lebih besar jika dalam pembuatannya banyak digerakkan aktivitas pembongkaran.

Untuk Tabel Jadwal
Dari jumlah pekerjaan, buat jadwal pelaksanaan pekerjaan (time schedule) untuk menjelaskan jumlah keseluruhan waktu yang diperlukan untuk mengerjakan pembangunan ini hingga benar-benar rampung. Lama pembuatan ini akan betul-betul berperan sebagai dasar pengawasan pekerjaan.

Semoga bermanfaat!

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *