Pilih Genteng Metal atau Genteng Keramik?

Loading...

Salah satu permasalahan klasik yang sering terjadi di rumah adalah rembesan air dari atap atau genteng bocor. Rupa genteng pun terus berkembang hingga saat ini. Terdapat 2 tipe genteng primadona saat ini, yaitu genteng metal dan genteng keramik.

Genteng Metal atau Genteng Keramik

 

Genteng Metal
Sesuai namanya, genteng ini bermaterial logam. Memiliki bentuk lempengan (umumnya 4 genteng jadi 1). Bahan logam pembuatnya beberapa macam. Yang paling baru, genteng metal diklaim bebas karat serta awet dipakai.

Genteng Metal atau Genteng Keramik 1

Genteng metal mempunyai bobot yang enteng sehingga tak dibutuhkan kuda-kuda serta pondasi yang terlampau ekstrim untuk menopangnya. Masa pakai genteng metal yaitu sekitar 20-30 tahun dan bisa lebih lama jika dirawat dengan baik.  Secara visual, genteng metal enak dipandang mata. Harganya pun relatif lebih murah dibanding genteng keramik. Pemasangannya juga tergolong gampang.

Beberapa hal sekitar genteng metal :
– Bisa membuat rumah jadi panas lantaran menyerap cahaya matahari. Hal semacam ini bisa disiasati dengan beragam trik seperti melapisinya dengan sterofoam, aluminium foil, serta ventilasi yang lebih pada rumah.
– Bisa membuat bunyi berisik saat hujan. Untuk mengatasinya, carilah desain dengan permukaan pasir (genteng pasir).

Keunggulan genteng metal :
– Lebih murah. Lebih aman untuk gempa lantaran bahan enteng.
– Bila bocor, genteng bisa ditambal.

Kekurangan genteng metal :
– Kerap karatan
– Lebih panas

Genteng Keramik
Rumah-rumah elegan sering menjadikannya pilihan utama lantaran awet, terlihat bagus, serta pas dengan iklim tropis Indonesia. Masalahnya, genteng keramik rawan pecah, mahal, serta cukup tak bersahabat dengan gempa bumi.

Genteng Metal atau Genteng Keramik 2

Genteng keramik yang berat membutuhkan pondasi serta kuda-kuda yang super kuat untuk menahan bobotnya. Berarti, biaya yang dikeluarkan juga mesti ekstra. Bila Anda mempunyai dana berlebih, genteng keramik sudah pasti bisa jadi pilihan paling utama.

Kekurangan genteng keramik :
– Mesti memakai kayu atau baja yang tidak tipis sehingga meningkatkan biaya.
– Bila bocor, genteng tidak bisa ditambal sehingga mesti ditukar keseluruhannya.

Keunggulan Genteng keramik :
– Tahan lama serta bebas karat.
– Lebih dingin, terlebih bila ventilasi langit-langit pendek.

Kesimpulan
Pilihan sudah pasti ada di tangan Anda. Pertimbangan paling utama dalam memastikan genteng yang pas di kantong yaitu pada masalah biaya saja. Bila dana Anda minimum, genteng metal dengan pemasangan yang cocok sudah lebih dari cukup. Namun bila dana Anda banyak, tak ada alasan untuk tidak memakai genteng keramik yang super keren.

Semoga memberikan manfaat!

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *