Tips Agar Rumah Bebas Nyamuk

Loading...

Nyamuk adalah hewan pengganggu yang biasanya menyerang pada malam hari dan sangat mengganggu pada saat tidur. Selain itu, serangga ini juga membawa berbagai penyakit, seperti demam berdarah, chikungunya, dan malaria. Untuk dapat membuat rumah bebas nyamuk, ada beberapa tips rumah bebas nyamuk yang bisa Anda lakukan.

Tips Agar Rumah Bebas Nyamuk

Berikut ini adalah beberapa tips agar rumah Anda terbebas dari nyamuk :

Genangan Air
Genangan air di dalam dan di sekitar rumah yang dapat digunakan nyamuk untuk berkembang biak. Selokan atau wadah kecil seperti kaleng dapat menjadi genangan air. Sangat disarankan untuk menguras air yang tergenang dan mengubur wadah. Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti burung berkicau, periksa tempat minumnya. Jika ada jentik nyamuk, bersih dan ganti air setidaknya dua kali seminggu.

Potong Tanaman di Halaman
Memangkas tanaman yang terlalu banyak pada halaman Anda. Hal ini dikarenakan nyamuk sering hidup subur di tanaman dan semak-semak liar. Pemotongan akan mengurangi jumlah nyamuk di rumah Anda.

Kawat Nyamuk
Pastikan kawat atau kelambu di ventilasi atau jendela rumah Anda dalam kondisi baik dan tidak berlubang. Dengan demikian, nyamuk tidak bisa masuk ke rumah.

Gantungan Baju
Nyamuk akan bersembunyi dan mendarat di pakaian yang digantung di dinding atau di balik pintu. Merapikan pakaian ke dalam lemari dapat mengurangi nyamuk yang berkeliaran di rumah. Terutama jika yang Anda gantungkan adalah pakaian yang berwarna gelap nyamuk akan lebih menyukai kondisi ini.

Bau
Yang perlu Anda ketahui, nyamuk bisa mencium mangsanya dari jarak 50 meter. Manusia yang mempunyai penyakit asam urat, kolesterol, dan steroid pada permukaan kulit dan keringat, yang cenderung menjadi target dan sasaran nyamuk. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan nyamuk sangat menyukai manusia dengan golongan darah O dan paling tidak menyukai manusia yang memiliki golongan darah A. Untuk mengurangi potensi gigitan nyamuk, Anda harus mandi untuk membersihkan kulit dari bau keringat yang disukai nyamuk.

Gunakan Anti Nyamuk Natural
Mengusir nyamuk dengan bahan kimia anti-nyamuk yang sangat berisiko, terutama untuk anak-anak kecil. Untuk itu, Anda dapat menggunakan beberapa tanaman atau aroma yang memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk. Tanaman yang efektif menyingkirkan nyamuk, antara lain lavender, zodia, geranium ,rosemary dan serai. Sementara itu, wewangian yang tidak disukai nyamuk meliputi minyak kayu manis, minyak rosemary, minyak sereh, minyak cedar, minyak cengkeh, dan minyak peppermint. Wewangian ini dapat dibuat menjadi lilin aroma untuk obat nyamuk. Atau Anda juga dapat menggunakan pest reject penghilang nyamuk dan serangga elektrik.

Nyamuk memang menjadi salah satu serangga yang sangat menggangu, gigitan nyamuk bukan hanya berbahaya untuk kesehatan namun juga sangat menggangu karena adanya ruam serta bentol bekas gigitannya. Ada baiknya jika Anda tidur dengan menggunakan kelambu untuk meminimalisir gangguan nyamuk saat istirahat malam.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *