Tips Dalam Membuat Taman Rumah

Loading...

Memiliki taman pada rumah yang ideal tentu juga dapat difungsikan sebagai salah satu elemen untuk dapat mempercantik tampilan rumah Anda serta menjadi penghilang jenuh dan juga setres bagi penghuninya. Apabila Anda ingin membuat desain taman pada bagian rumah Anda yang indah serta menjadi asri, sebaiknya Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam membuat taman rumah Anda.

Tips Dalam Membuat Taman Rumah

Berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat taman rumah yang dapat Anda terapkan :

Karakter Bangunan dan Penghuni
Sebelum Anda akan membangun taman, sebaiknya yang terlebih dulu Anda lakukan adalah menyesuaikan desain taman dengan konsep rumah yang Anda miliki. Hal ini berguna agar taman dan juga bagunan rumah yang Anda miliki terlihat selaras. Selain itu, dalam masalah psikologis penghuni rumah juga sangat perlu menjadi bahan pertimbangan untuk merancang sebuah taman. Hal ini tentu adanya kaitan dengan psikologis untuk penghuni rumah, taman yang dibangun juga dapat berfungsi sebagai obat penenang bagi jiwa penghuninya.

Lahan
Dalam hal penataan taman pada bagunan sekitar rumah, harus sesuai dengan lahan yang Anda miliki. Apabila lahan yang dapat digunakan sebagai taman tidak terlalu luas, Anda juga dapat menyiasatinya dengan cara menanam tanaman yang bisa dibilang sederhana. Selain itu, ada alternatif lainnya, Anda juga bisa menanam tanaman pada dalam pot. Atau Anda dapat mendesain taman minimalis di rumah Anda.

Sirkulasi Orang dan Jendela Pandang
Sirkulasi orang yang dimaksud bisa berupa dari sirkulasi orang pada bagian taman atau juga sirkulasi orang yang dapat menuju ke bagian teras dan pintu utama. Penempatan yang paling baik pada jendela adalah yang menghadap ke arah taman sehingga Anda sebagai pemilik dapat langsung melihat taman dari dalam rumah.

Hardscape
Hardscape atau juga yang biasa disebut dengan elemen keras pada taman yang biasanya dapat berbentuk patung atau batuan serta penambahan kolam kecil. Biasanya hardscape ini juga dirancang pada awal untuk pembuatan taman. Selain penggunaan elemen hardscape, ada juga yang disebut softscape yaitu berupa elemen yang menjadi pelengkap berupa tanaman hias.

Jenis Tanaman
Pemilihan pada tanaman juga sangat tergantung pada konsep rumah yang Anda tempati dan juga hardscape taman. Misalnya saja, jika Anda memiliki konsep sebagai rumah minimalis, maka Anda juga dapat memilih tanaman yang praktis serta memiliki karakter yang minimalis yakni yang daunnya tidak terlalu rimbun.

Cahaya
Anda juga dapat memberikan tanaman perdu atau semak yang dapat terkena sinar matahari yang cukup lama. Ada baiknya juga jika Anda menempatkan pohon sebagai peneduh pada tanaman tersebut. Untuk penerangan pada taman di malam hari dapat Anda gunakan dengan menempatkan cahaya buatan yang menggunakan lampu agar taman terlihat cantik.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *