Tips Dalam Memilih Gorden Rumah

Loading...

Kehadiran gorden di rumah Anda bisa mempercantik ruangan. Tirai atau gorden juga mampu memberikan suasana atau nada tertentu di samping fungsi lainnya yang dimiliki. Berbagai model, pola dan warna tirai memberikan lebih banyak kebebasan untuk memilih tirai yang Anda sukai. Gorden juga memiliki fungsi lain selain sebagai pemanis interior.

Tips Dalam Memilih Gorden Rumah

Gorden biasanya dipasang pada jendela, pintu, atau penghubung antara ruangan. Untuk mendapatkan suasana hati tertentu atau nada ruangan, Anda dapat memilih model, motif dan warna gorden yang cocok. Beberapa hal yang mungkin menjadi pertimbangan ketika memilih gorden rumah Anda.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih gorden :

Fungsi
Kegunaan atau fungsi yang diharapkan dari tirai dapat menjadi pertimbangan dalam memilih tirai. Misalnya jika hanya untuk menghias ruangan atau sebagai partisi ruangan. Model tirai vitrase yang terbuat dari manik-manik, kerang, atau batu bisa menjadi pemanis ruangan. Tapi, tentu saja, model ini tidak dapat menutup sepenuhnya sehingga tidak cocok jika Anda ingin menggunakan gorden untuk menutup pandangan dari orang di luar.

Fungsi gorden sendiri yaitu sebagai pencegah agar aktivitas di dalam ruangan tidak terlihat. Fungsi lain juga bisa mencegah masuknya sinar matahari ke dalam ruangan. Sinar matahari yang kuat bisa mengganggu kenyamanan penghuni di dalam ruangan juga dapat merusak perabotan di sekitarnya.

Bahan
Ada berbagai pilihan bahan yang bisa digunakan sebagai bahan pembuat tirai. Masing-masing bahan memiliki karakteristik masing-masing. Dalam menentukan material biasanya tergantung juga dengan model yang akan dibuat dan fungsi yang diinginkan pada tirai seperti kesan lentur, ringan atau gelap.

Beberapa bahan yang sering digunakan dalam pembuatan tirai antara lain adalah katun yang memiliki sifat lentur. Bahan ringan lainnya seperti satin, linen atau polyester. Jenis lain adalah beludru, organza dan paloma yang lebih berat dan juga dapat membuat kedap suara dan menyerap sinar matahari.

Model
Gorden akan menjadi penyempurna pada desain suatu ruangan. Memilih gorden yang sesuai dengan desain rumah, khususnya ruangan akan membuat keseluruhan tema ruangan tercipta dengan baik. Salah satu cara termudah adalah dengan memilih gorden yang warnanya sesuai dengan warna dinding dan juga furnitur di sekitarnya.

Anda juga dapat menyesuaikan model gorden dengan desain rumah. Misalnya, jika rumah Anda bergaya rumah klasik, Anda dapat memilih gorden dengan model dengan desain yang rumit. Sedangkan jika gaya minimalis rumah Anda, tirai dengan model minimalis, misalnya gorden dengan warna polos atau sederhana seperti smocked dengan tirai bersih putih dengan model yang kupu-kupu cocok untuk desain minimalis.

Harga
Setiap materi memiliki tingkat harga yang berbeda yang akan mempengaruhi harga. Model yang lebih rumit juga akan meningkatkan tingkat harga. Selain itu, model ini juga mempengaruhi jumlah material yang akan digunakan. Sebetulnya, bagian yang dapat meningkatkan anggaran Anda yaitu aksesoris pelengkap seperti tali tassel yang berfungsi pada saat mengikat tirai dibuka. Atau model baru untuk mengikat kain gorden dengan pemegang tirai, mirip dengan jepit rambut di mana tirai dibuka dengan cara disanggul di tengah.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *