Tips Dalam Mengatasi Rumah Lembab

Loading...

Tentu hal yang sangat mengesalkan adalah keadaan tembok rumah yang tampak kotor karena pertumbuhan jamur. Mungkin, hal ini karena kondisi rumah yang lembab. Rumah lembab tidak baik, karena udara lembab dapat merusak berbagai perabot rumah juga membuat penghuni rumah menjadi tidak sehat.

Tips Dalam Mengatasi Rumah Lembab

Hal utama yaitu Anda harus mengetahui terlebih dahulu hal yang menjadi penyebab udara dalam rumah menjadi lembab. Apakah karena kebocoran atau sirkulasi yang tidak baik. Mengetahui penyebab pasti, membantu mencegah kerusakan kembali ke dinding atau langit-langit telah diperbaiki.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengatasi rumah yang lembab :

Mengukur Kelembaban
Udara lembab karena jumlah air yang cukup banyak di isi udara. Ukuran normal untuk kelembaban udara 60% -70% RH. Untuk mengukur kelembaban, alat yang digunakan adalah hygrometer. Untuk memastikan apakah udara lembab di dalam rumah, Anda dapat menggunakan alat ini. Sebelum menggunakan alat ini ada baiknya jika Anda mengetahui cara mengecek kelembaban rumah Anda.

Memperbaiki langit – langit
Biasanya banyak air hujan yang terkumpul pada bagian ini yang akan membuat kecepatan angin di dalam rumah yang lebih baik dan mengurangi jumlah air yang ada dalam udara di dalam rumah.

Menggunakan Penyerapan Air
Anda dapat membeli jenis kapur penyerapan air di toko atau supermarket. Kapur ini dpaat menyerap uap air di udara. Menggunakan kapur ini harus diganti secara berkala karena air yang diserap untuk disimpan. Jika penuh, kapur ini tidak bisa menyerap air lagi sehingga perlu yang baru.

Menggunakan dehumidifier
Sebuah alat yang dirancang untuk menghilangkan udara lembab. Cara kerjanya adalah dengan menghapus udara lembab yang kemudian diubah menjadi udara dingin, sehingga udara bagi penghuni rumah menjadi lebih baik.

Sebaiknya Anda menjaga kondisi rumah Anda dalam kondisi yang baik, hal ini tentunya agar berdampak baik bagi kesehatan Anda. Rumah yang cenderung lembab juga menjadi sarang hewan seperti kecoa dan juga lipan. Kedua binatang ini akan sangat menggangu keseharian Anda. Rumah yang terkena sinar matahari juga akan membuat rumah lebih hangat dan terhindar dari lembab.

Akibatnya
Udara lembab akan menjadi favorit jamur berkembang biak. Akibatnya, banyak hal merugikan yang dapat timbul. Rumah yang memiliki keadaan lembab juga dapat merusak foto, surat-surat atau lukisan. Dapat tumbuh jamur pada benda-benda yang akan membuat rusak. Bukan hanya itu saja pada peralatan elektronik juga mudah rusak karena timbulnya jamur.

Bukan hanya merusak perabotan rumah, rumah yang lembab juga akan membuat tampilan dinding rumah terlihat kotor dan tidak menarik karena pertumbuhan jamur. Atau juga pada langit-langit yang meninggalkan bekas seperti aliran air bekas noda.Salah satu benda yang sangat sering rusak adalah isi rumah yang terbuat dari rumah lebih cepat usang. Kayu sangat rentan terhadap kelembaban, yang dapat menyebabkan kerusakan. Di rumah basah, mebel kayu seperti meja, kursi, lemari atau pintu dan jendela lebih cepat usang dan rusak.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *