Tips Dalam Menghemat Penggunaan Air

Loading...

Seperti yang Anda tahu, air merupakan salah satu sumber daya alam utama yang dibutuhkan semua makhluk hidup. Maka itu sebagai manusia yang selalu bergantung pada air sudah seharusnya Anda untuk selalu menjaganya. Keberadaan air bersih yang terus berkurang tiap tahunnya akhirnya harus membuat Anda untuk waspada akan persediaannya. Untuk menjaga persediaannya sebaiknya Anda menggunakannya dengan lebih berhemat dan cermat.

Tips Dalam Menghemat Penggunaan Air

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menghemat penggunaan air :

Mengurangi Siraman
Untuk Anda yang gemar menyiram tanaman atau jalan di sekitar tempat tinggal Anda sebaiknya Anda mulai mengurangi aktivitas ini. Sebaiknya Anda tidak melakukan pemborosan. Hal yang paling mudah untuk Anda lakukan dengan mengurangi frekuensi menyiram tanaman, tanaman akan basah dengan sendirinya pada saat hujan.

Mematikan Keran
Sebaiknya juga Anda tidak menyalakan keran secara terus menerus. Hal ini untuk mencegah air terbuang dengan percuma. Selain itu, juga Anda dapat mematikan shower yang Anda gunakan pada saat mandi bila tidak sedang digunakan. Hal ini juga mencegah air yang ada menjadi terbuang percuma.

Memperbaiki Kebocoran
Apabila terjadi kebocoran di aliran keran pada rumah Anda sebaiknya Anda segera memperbaikinya, agar air yang akan mengalir ke rumah Anda tidak terbuang dengan percuma. Sebaiknya juga Anda selalu melakukan pengecekan yang teratur agar jika ada kebocoran pipa sehingga dapat segera teratasi.

Keran Aerator
Aerator merupakan sebuah mesin penghasil gelembung udara yang berguna untuk menggerakkan air di dalam akuarium agar airnya yang dihasilkan menjadi kaya akan oksigen yang terlarut dan sangat dibutuhkan oleh semua ikan di dalam akuarium. Tentunya dengan penggunaan alat ini Anda akan dapat membatasi aliran air Anda. Dengan menggunakan alat ini maka Anda akan dapat melakukan penghematan air dengan tidak terlalu sering mengganti air di dalam aquarium.

Gunakan Air Kembali
Anda juga dapat menggunakan air yang sudah Anda gunakan namun dalam keadaan yang masih bersih, contohnya saja Anda dapat menggunakan air bekas cucian buah dan sayur untuk menyiram tanaman yang Anda miliki.

Hindari Botol Plastik
Terakhir, yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara untuk menghindari penggunaan botol plastik. Selain hal ini dinilai tidak dinilai efisien, penggunaan botol plastik juga akan merusak sumber air di tanah. Hal ini dapat terjadi karena botol plastik merupakan komponen yang sangat sulit terurai dalam tanah. Untuk dapat terurai, botol plastik akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Bukan hanya itu, racun yang terdapat dalam botol plastik juga dapat mengkontaminasi tanah beserta sumber-sumber air yang ada. Sebaiknya Anda melakukan penghematan dengan menggunakan botol kemasan atau botol plastik yang dapat Anda gunakan berkali-kali dan juga diisi ulang.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *