Tips Dalam Merawat Peralatan Dapur Stainless Steel

Loading...

Dapur menjadi salah satu ruangan yang sangat akrab dengan wanita sbegaai ibu rumah tangga. Karena hampir kebanyakan kegiatan rumah dilakukan di ruangan ini. Desain serta tampilan furnitur dapur yang cantik akan memberikan kenyamanan dalam melakukan berbagai aktivitas di dapur. Namun, sangat disayangkan bila penampilan ruang serta perabotan dalam memasak harus ternodai karena peralatan dapur yang tidak terawat. Anda haru memikirkan cara yang benar-benar ampuh untuk menghilangkan node serta merawat peralatan masak. Perabotan dan peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel haruslah dijaga serta dilakukan perawatan agar tampil tetap cantik dan tidak dihinggapi karat.

Tips Dalam Merawat Peralatan Dapur Stainless Steel

Berikut ini adalah beberapa tips jitu dalam merawat peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel :

1. Saat pertama kali membeli peralatan dapur dengan bahan stainless steel sebaiknya Anda cuci terlebih dahulu perabotan stainless steel dengan air hangat yang dicampur sedikit sabun dan air jeruk nipis. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang terbawa dari pabrik stainless steel.

2. Peralatan yang sering digunakan juga harus selalu dibersihkan langsung ketika habis dipakai. Proses mencucinya pun dapat mempengaruhi keawetan perabotan dapur yang berbahan stainless steel. Anda harus memperhatikan penggunaan cairan dalam mencuci peralatan yang terbuat dari stainless steel. Selain itu, usahakan untuk tidak menggosok menggunakan bahan yang kasar karena akan merusak permukaan stainless steel.

3. Pemakaian peralatan stainless steel dalam jangka wantu yang lama akan menimbulkan noda hitam akibat panas api atau jelaga. Sehingga dalam membersihkannya Anda perlu waktu dan tenaga ekstra. Oleh karena itu, sebelum digunakan untuk memasak, sebaiknya Anda mengolesi bagian tersebut dengan cuka atau air jeruk lemon agar noda hitam akibat pembakaran tidak mudah menempel pada permukaan stainless steel.

4. Dalam memasak, seringkali Anda lupa untuk mengangkat masakan sehingga membuat wajan atau panci stainless steel berubah warna menjadi cokelat karena gosong. Untuk membersihkan noda hitam akibat gosong tersebut Anda dapat menggunakan cuka putih atau jus lemon. Selanjutnya, cuci kembali dengan sabun pencuci piring, lalu bilas dan keringkan dengan lap bersih. Jangan membiarkan perabotan ini kering karena angin, sebab kombinasi air dan udara bisa menyebabkan karat pada permukaan peralatan Anda.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *