Tips Membasmi Berbagai Macam Serangga Di Dapur

Loading...

Pastinya Anda akan merasa terganggu dengan banyaknya binatang yang ada di rumah dan yang dianggap sebagai hama. Selain karena dapat menggangu kenyamanan dari rumah Anda, beberapa hama juga dapat membawa penyakit yang mengancam kesehatan Anda. Lalat, kecoa, dan tikus adalah hama yang sering muncul di rumah dan sangat sering menggangu bagian rumah Anda terutama dapur. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana siklus hidup hama tersebut, penyakit yang dibawa olehnya dan juga cara untuk mengusirnya.

Tips Membasmi Berbagai Macam Serangga Di Dapur

Berikut ini adalah beberapa penjelasan dan tips membasmi berbagai macam serangga di dapur :

Lalat
Siklus hidup dari lalat adalah 8 sampai dengan 10 hari. Hal ini bemula dari telur yang berubah menjadi larva, lalu akan menjadi pupa dan berakhir pada saat lalat dewasa. Telur ini selalu dihasilkan dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga apabila perkembangbiakan dari binatang yang satu ini sangatlah cepat. Lalat juga merupakan salah satu hewan pembawa penyakit. Banyak penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat diantaranya diare, typus, demam kuning, dan masih banyak penyakit berbaha lainnya. Cara untuk mengusir lalat yang sering menghinggapi dapur Anda adalah dengan menggunakan daun pandan atau menggunakan bunga lavender. Kedua bahan alami ini dapat digunakan karena wangi daun pandan dan bunga lavender ini sangat tidak disukai lalat, sehingga akan membuat tidak mendekati rumah termasuk dapur Anda.

Kecoa
Salah satu tempat yang sangat sering ditempati oleh kecoa adalah di bagian dapur tepatnya di bawah tempat cuci piring ataupun di bagian yang banyak menyimpan air. Kecoa dapat hidup tanpa makan dan tanpa minum. Namun kecoa selalu memilih tinggal di tempat yang lembab. Kecoa dapat menghasilkan sangat banyak telur dalam waktu yang singkat. Hewan yang satu ini juga tergolong hewan nokturnal atau lebih banyak beraktivitas di malam hari. Banyak penyakit yang dapat ditularkan serangga yang satu ini seperti disentri, kolera, diare, typus, dan masih banyak lagi. Serangga ini biasa diusir menggunakan kapur atau juga menggunakan penyemprot serangga. Untuk bahan yang alami, Anda dapat menggunakan daun salam yang masih segar yang berwarna hijau.

Tikus
Perkembangan dari hewan mamalia ini sangat cepat. Untuk satu tikus dapat melahirkan 12 bayi tikus untuk waktu 3 minggu. Berarti dalam kurun 1 tahun tikus dapat melahirkan sekitar 200 bayi. Tikus adalah salah satu binatang yang pembawa penyakit pes, salmonellosis, rabies, leptospirosis dan masih banyak penyakit lainnya. Cara membasmi tikus yang sangat umum digunakan dapat menggunakan jebakan, racun tikus atau dapat juga menggunakan pengusir elektronik. Untuk cara yang alami, dapat menggunakan buah mengkudu dengan memotongnya dan menyebarkanya di area rumah. Namun jika mengkudu sudah membusuk, Anda dapat menggantinya kembali dengan buah mengkudu yang segar.

Hal yang paling utama untuk dapat menyingkirkan binatang yang menjadi hama ini adalah dengan cara menjaga kebersihan rumah dengan baik. Usahakan selalu membersihan sisa makanan yang tercecer agar tidak mengundang hama ini berkunjung ke rumah Anda.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *