Tips Membuat Perpustakaan Di Rumah

Loading...

Mengunjungi perpustakaan memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai tempat hiburan alternatif bagi anak-anak. Saat ini, banyak perpustakaan dibuat sangat nyaman dan dihiasi dengan sangat menarik. Perpustakaan juga dapat dijadikan wisata hiburan sambil belajar dengan lebih baik untuk edukasi pada anak – anak. Anda dapat membuat perpustakaan Anda sendiri di rumah.

Tips Membuat Perpustakaan Di Rumah

Berikut ini merupakan tips membuat perpustakaan di rumah :

Pilih Satu Dinding
Anda tidak membutuhkan ruang khusus untuk membuat perpustakaan. Pilih salah satu dinding di rumah Anda, seperti di ruang keluarga atau ruang makan. Kemudian, Anda dapat membuat dan menempatkan rak buku di dinding. Gunakan ukuran rak yang bisa terpasang dari lantai ke langit-langit rumah Anda dan mengisinya dengan buku.

Set Buku Berdasarkan Warna
Strategi dalam menyusun buku-buku melalui warna memiliki potensi untuk menghindari terlalu banyak barang yang tidak teratur, sementara membuat buku diatur dekoratif. Gunakan rak putih dan isi dengan buku berwarna. Campuran ini sangat harmonis dan bahkan membuat suasana ruangan rumah lebih segar.

Furniture
Untuk menjadikan waktu membaca lebih nyaman, tambahkan tempat duduk seperti sofa dengan bantal atau cukup lembut untuk berlama-lama. Namun sebaiknya penggunaan tempat duduk ini tidak membuat kabur pandangan mata dengan jumlah buku. Usahakan untuk menggunakan kursi dengan warna solid dan netral.

Dekorasi
Jika Anda ingin membuat visual di perpustakaan Anda, desain rak buku menjadi sesuatu yang tidak biasa. Misalnya setiap buku ditata dengan posisi diagonal, sehingga selain dapat menjadi gudang ilmu perpustakaan rumah Anda juga dapat menambah nilai seni di ruangan tersebut.

Gunakan Tangga
Jika Anda memiliki rak perpustakaan rumah cukup tinggi (sampai ke langit-langit), menggunakan tangga adalah praktis dan bisa digeser dengan mudah. Cat tangga dengan warna-warna cerah untuk mempercantik desain perpustakaan.

Manfaatkan Lorong Rumah
Anda juga dapat menggunakan aula di rumah dengan menempatkan rak buku di sisi-dinding untuk menghemat ruang. Jika memungkinkan, gunakan rak tinggi yang dapat menutupi seluruh dinding. Namun, jika terbatas, menggunakan ketinggian rak setengah tinggi dinding. Memberikan tempat untuk cahaya yang tidak terlihat di lorong sempit.

Catatan Kualitas Pencahayaan
Perpustakaan adalah tempat yang akan digunakan untuk waktu yang lama, baik untuk membaca buku, belajar, bahkan melakukan penelitian. Pastikan rumah Anda memiliki pencahayaan yang berkualitas, sehingga kegiatan membaca tidak akan merusak mata. Untuk menambahkan efek dramatis, tambahkan lampu kecil di rak paling atas untuk menyorot buku.

Perpustakan yang berada di rumah juga menjadi Anda lebih betah di rumah. Anda dapat membaca dengan nyaman tanpa harus di ganggu, hal ini tentunya akan berbeda jika Anda mengunjungi perpustakaan umum.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *