Tips Memilih Lokasi Tempat Tinggal

Loading...

Untuk memutuskan di mana Anda hidup bukanlah tugas yang mudah, ada hal-hal penting untuk dipertimbangkan. Ketika Anda membayangkan tempat tinggal, Anda biasanya ingin tempat tinggal yang aman dan nyaman. Tidak hanya kenyamanan dan keamanan di rumah, tetapi juga keamanan dan kenyamanan lingkungan dan suasana di sekitar. Dalam mencari lokasi yang tepat, tentunya butuh beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Tips Memilih Lokasi Tempat Tinggal 1

Berikut ini merupakan tips memilih lokasi tempat tinggal :

Jalan utama
Jalan utama menjadi titik akses penting menuju ke rumah Anda. Jika kondisi tidak baik (banyak lubang), atau sulit dijangkau (misalnya, karena lebar jalan yang sempit untuk kendaraan), hal ini tentunya menjadi pertimbangan kembali bagi Anda yang akan bermukim di wilayah tersebut.

Kondisi pelayanan air, listrik dan telepon
Sebenarnya ini adalah persyaratan kelengkapan rumah Anda. Namun, lokasi yang Anda pilih dapat mempengaruhi akses dan kelangsungan utilitas rumah tangga Anda. Jika lokasi tertentu yang terkenal rawan pemadaman, Anda tentu perlu harus mempertimbangkan kembali faktor ini.

Kebersihan lingkungan
Kebersihan adalah dasar kesehatan. Jika lingkungan Anda tinggal tidak bersih, maka kesehatan Anda dan keluarga Anda akan terancam. Terutama mengingat Anda dan keluarga Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu di lingkungan ini. Sebaiknya Anda selalu memperhatikan kebersihan lingkungan termasuk jarak dari rumah ke tempat pembuangan sampah.

Polusi
Jika Anda tinggal di kota besar, maka tingkat pencemaran juga merupakan faktor yang menentukan. Jika tingkat polusi udara tinggi, kesehatan akan terancam. Jika lokasi rumah Anda dekat dengan jalan raya atau jalan utama, maka kemungkinan Anda terkena polusi lebih besar. Selain polusi udara, polusi suara juga dapat mengganggu ketenangan hidup Anda di rumah.

Bebas banjir
Bebas banjir menjadi salah satu kriteria yang paling penting dalam menentukan lokasi rumah. Rumah dapat sangat terganggu jika tempat tinggal Anda terkena banjir. Transportasi menjadi sulit dan barang-barang berharga Anda dapat rusak karena banjir. Oleh karena itu, memilih lokasi tempat tinggal yang tidak rawan banjir merupakan hal yang penting.

Kemudahan transportasi
Walaupun rumah di jalan raya atau dekat jalan raya mungkin berpotensi terkena polusi, tetapi bukan berarti bahwa jarak antara rumah Anda ke pusat transportasi juga lebih dekat. Tempat tinggal di dekat stasiun, misalnya, dapat memberikan kemudahan transportasi jika kendaraan bermotor yang Anda miliki dalam kondisi yang tidak baik.

Strategis
Strategis adalah hal yang subjektif. Anda dapat memutuskan sendiri apakah tempat tinggal Anda mudah diakses untuk orang lain, atau dekat dengan tempat-tempat yang sering Anda kunjungi. Lokasi yang strategis berarti Anda dapat melakukan aktivitas Anda secara efisien dan waktu Anda tidak terbuang percuma di jalan.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *