Tips Mengatasi dan Mencegah Banjir

Loading...

Kata banjir telah menjadi biasa bagi masyarakat Indonesia. Tak dapat disangkal hampir di setiap tahun Indonesia selalu mendapatkan masalah banjir dan hingga saat ini belum ada solusi yang dapat mengatasi masalah ini. Ketidaksadaran akan adanya bahaya banjir dan menyebabkan banjir melanda Indonesia di setiap musim hujan.

tips-mengatasi-dan-mencegah-banjir

Hal ini disebabkan oleh karena Indonesia berada dalam negara kepulauan yang sangat rentan terhadap kenaikan air laut serta badai. Maka dari itu diperlukan cara yang sangat efektif untuk menghindari banjir. Namun jika banjir sudah melanda pemukiman Anda sebaiknya Anda mengetahui tips membersihkan rumah pasca banjir.

Berikut ini merupakan tips mengatasi dan mencegah banjir :

Sistem Pembuangan
Diperlukan sistem irigasi sampai pembuangan akhir yang baik. Jangan biarkan air menggenang dan mampet sehingga air akan meluap. Sistem pembuangan dapat membuat semua air hujan akan disalurkan ke arah pembuangan yang lebih besar. Sistem seperti ini telah lama diterapkan oleh negara-negara berkembang seperti Jepang.

Tempat Sampah
Dibutuhkan kedisiplinan untuk membuang sampah pada tempat sampah dan berakhir di TPA. Pengelolaan sampah di TPA juga sangat diperlukan, karena jika dibuang sembarangan sampah dan terkena hujan lebat, maka limbah tersebut akan mengikuti aliran air ke sungai. Hal ini juga akan menjadi penyebab banjir.

Pengelolahan sampah yang tepat dapat membantu mencegah banjir. Tentu saja harus ada pemilahan yang tepat dan pengelolahan. Misalnya, untuk membedakan antara sampak organik dan anorganik. sampah organik seperti sayuran, sisa makanan yang dapat digunakan sebagai kompos. Sampah anorganik yang dapat didaur ulang seperti sampah plastik, kaleng, dan kertas.

Konstruksi Pencegahan Banjir
Bendungan, yang memiliki bentuk kolam air raksasa. Fungsinya adalah untuk menyimpan air dengan ukuran yang sangat besar. Selain itu, bendungan dapat digunakan untuk irigasi, tempat memancing, atau tempat untuk pembangkit listrik. Tanggul, yang merupakan dinding bangunan berbentuk yang berderet di tepi sungai. Bangunan ini dirancang untuk mencegah air meluap ke daerah-daerah yang berada di dekat tepian sungai.

Tanam Pohon
Masalah sebenarnya di kota-kota besar adalah sedikitnya jumlah tanah permukaan yang memiliki daya serap air yang baik, perlu untuk sesuatu yang dapat menyerap air dengan baik. Salah satunya adalah dengan menanam pohon-pohon besar berbatang atau tanaman yang memiliki daya serap air yang tinggi, seperti air tanaman henna, pohon mangga, pohon kenanga, dan masih banyak lagi jenis tanaman lainnya di daerah sekitar rumah Anda.

Tanaman dapat menyerap air melalui akar, yang kemudian akan diangkut ke batang dan daun dengan jaringan xilem. Jika setiap rumah di kawasan rumah Anda memiliki minimal satu pohon, maka dipastikan rumah Anda dapat menghindari banjir.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *