Tips Merawat Mebel Jati

Loading...

Sebelum penemuan bahan teknologi lapisan (coating kayu), pulp digunakan masyarakat untuk menggosok atau memoles furnitur kayu jati. Keindahan warna serat kayu tetap estetis brilian dan mengkilap jika Anda menggunakan ampas kelapa pada permukaan kayu. Masyarakat Jawa menggunakan lilin untuk melindungi kayu jati dari infiltrasi air sehingga tidak mudah lapuk, tetap kuat, dan tahan lama.

Tips Merawat Mebel Jati

Kayu jati memang merupakan salah satu jenis kayu mahal yang biasanya dijadikan bahan pembuatan berbagai furniture rumah tangga. Harganya yang mahal tentunya membuat Anda mau tak mau untuk menjaga dan merawatnya setiap saat agar dapat bertahan lama.

Berikut ini merupakan tips merawat mebel jati :

Kemiri
Selain digunakan untuk rambut yang hitam, kemiri juga berguna untuk merawat furniture jati. Caranya adalah dengan membakar 5 biji untuk keluar minyak kemiri. Kemiri yang bungkus dengan kain kasa dan dihancurkan dengan cara dipukul sampai mengeluarkan minyak. Kemudian gosok furnitur Anda dengan kemiri yang telah dibungkus kain kasa sebelumnya.

Sagu
Tepung jagung dapat digunakan untuk membersihkan furniture. Trik ini dapat dilakukan dengan cara menaburkan tepung jagung ke bagian yang kotor dari furnitur. Kemudian gosok secara merata sampai Anda melihat furnitur benar-benar bersih.

Air teh basi
Anda juga dapat menggunakan air teh yang basi untuk membersihkan furniture, teh basi digunakan karena air sangat cocok jika digunakan untuk membersihkan furniture. Cara sederhana cukup oleskan pada furnitur Anda, tapi setelah itu usahakan untuk benar – benar kering sehingga perabotan Anda tidak lembab.

Cuka
Caranya, campurkan ¼ cangkir cuka dan 1 cangkir minyak zaitun, kemudian oleskan pada furnitur Anda dengan kuas. Cara lain adalah dengan mencampur 2 sendok makan cuka dan 1 sendok makan air. Aambil spons dan celupkan ke dalam larutan ini. Setelah itu furniture ini dapat Anda lap sampai dengan kering.

Pasta Gigi
Untuk membersihkan air noda, oleskan pasta gigi pada kain yang telah direndam dalam air, jika air agak sulit dibersihkan noda. Anda dapat membelinya di toko-toko. Jika Anda masih tidak dapat menghilangkan noda dengan baik sebaiknya Anda menggosoknya. Kemudian selain itu, bisa dengan mencampur abu dengan sedikit minyak goreng untuk menggosok furnitur berbahan jati yang Anda miliki agar tampilannya lebih mengkilat.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *