Trik Membuat Taman Yang Ideal

Loading...

Taman merupakan daerah yang mengandung komponen yang sangat banyak dan di dukungan dengan sangat banyak material yang perencanaannya sengaja direncanakan dan dibuat oleh Anda sebagai pemilik lahan dalam peran hal ini sebagai ruangan penyegaran yang beradi di luar ruangan rumah Anda. Taman merupakan salah satu tempat hiburan di rumah yang dapat dibagi menjadi taman alami dan juga buatan.

trik-membuat-taman-yang-ideal

Berikut ini merupakan trik untuk membuat taman yang ideal :

Karakter Bangunan dan Penghuni
Desain yang akan Anda terapkan pada taman Anda harus menyesuaikan dengan konsep rumah. Hal ini bertujuan agar taman dan rumah terlihat selaras. Selain itu, mempertimbangkan dari sisi psikologis juga harus dipertimbangkan untuk merancang taman. Sehubungan dengan penghuni rumah yakni taman bisa berfungsi sebagai penenang bagi jiwa.

Tanah
Penataan taman juga harus disesuaikan dengan lahan yang dimiliki. Jika lahan untuk taman itu tidak terlalu luas, Anda bisa menyiasatinya dengan menanam tanaman yang sederhana. Atau, Anda dapat tumbuh tanaman dalam pot. Sebaiknya Anda menyisakan beberapa bagian dari taman untuk tidak ditumbuhi oleh tanaman, karena taman yang dibuat terlalu penuh juga tidak sedap untuk di pandang.

Sirkulasi Orang dan Jendela Pandang
Sirkulasi orang yang biasanya ada disekitaran taman atau sirkulasi orang menuju ke teras ataupun pintu utama. Aspek sirkulasi juga terkait dengan tampilan jendela. Penempatan jendela yang menghadap taman juga harus direncanakan sehingga pemilik dapat melihat taman dari dalam rumah.

Hardscape
Elemen keras di taman atau hardscape bisa berbentuk patung, kolam, dan bebatuan yang dapat Anda susun menuju taman. Hardscape biasanya dirancang dalam pembuatan taman. Selain hardscape elemen, beberapa disebut softscape, yaitu elemen pelengkap dalam bentuk tanaman juga tentunya menjadi hal yang sangat penting dalam membuat taman di rumah Anda.

Jenis Tanaman
Anda dapat menggunakan tanaman yang tergantung pada konsep rumah dan taman hardscape. Misalnya, jika rumah konsep minimalis, maka Anda dapat memilih tanaman yang karakter praktis dan minimalis. Anda juga dapat memilih jenis tanaman dengan menggunakan tanaman yang Anda sukai, ada baiknya jika Anda memiliki lahan yang kecil Anda menggunakan satu pohon besar saja.

Cahaya
Jika rumah Anda terkena sinar matahari untuk waktu yang lama (lebih dari 5 jam), maka Anda juga harus meletakkan pohon sebagai tanaman peneduh. Untuk penerangan taman di malam hari, Anda dapat menempatkan cahaya buatan agar tampilan taman lebih indah. Menggunakan lampu dengan cahaya yang redup juga dapat membuat efek mendamaikan pada saat Anda menikmati taman di malam hari.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *